Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone XR Resmi Meluncur, Layar Besar Harga Murah

Dari segi desain, iPhone XR yang masuk kelas menengah ke bawah mengusung layar 6,1 inci, sudah bezel-less dan punya poni (notch). Ukuran layar ini tergolong besar di kelasnya, mengingat iPhone 8 Plus sebelumnya hanya mengusung ukuran layar 5,5 inci.

Bedanya iPhone XR dari iPhone XS dan iPhone XS Max adalah jenis layar yang masih LCD, bukan OLED yang umum dipakai ponsel flagship. Materi layar LCD membuat harga iPhone XR menjadi lebih terjangkau.

Resolusi layar iPhone XR 1.792 x 828 piksel dengan kerapatan 326 ppi yang terbilang standar. Varian warnanya ada lima, yakni putih, hitam, biru, coral, dan kuning.

Sama seperti iPhone XS dan iPhone XS Max, iPhone XR juga mengusung chipset premium A12 Bionic dengan arsitektur 7 nm yang diklaim andal untuk menangani pekerjaan berat.

Kamera belakang iPhone XR hanya satu (tunggal) dengan sensor resolusi 12 megapiksel. Kamera itu dilengkapi stabilizer optikal (OIS), bukaan F/1.8, lensa 6 elemen, true tone flash, serta pendeteksi kedipan.

“Dengan satu kamera, iPhone XR bisa membidik mode portrait dengan menakjubkan,” kata VP Marketing Apple, Phillip Schiller di panggung peluncuran di Steve Jobs Theatre, Cupertino, Rabu (12/9/2018) waktu setempat atau Kamis (13/9/2018) dinihari WIB.

“Seri X mendeskripsikan visi kami untuk smartphone masa depan,” kata Phillip Schiller.

Spesifikasi lain dari iPhone XR adalah baterai yang diklaim lebih lama 90 menit ketimbang iPhone 8 Plus, fitur anti-air bersertifikasi IP67, Dual SIM, serta perekaman dengan audio stereo.

iPhone XR tersedia dengan varian memori yang bisa dipilih antara 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Harga iPhone XR mulai 749 dollar AS atau setara Rp 10,7 jutaan. Harga iPhone XR lebih murah dari iPhone XS dan iPhone XS Max, namun ukuran layarnya tergolong besar untuk iPhone di kelasnya.

Pemesanan awal iPhone XR dibuka mulai 19 Oktober, dan pengirimannya mulai 26 Oktober 2018. Belum jelas kapan iPhone XR hadir untuk pasar Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2018/09/13/01545757/iphone-xr-resmi-meluncur-layar-besar-harga-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke