Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benchmark Ungkap Jumlah RAM iPhone XS Max

Seperti biasa, Apple selalu meninggalkan pertanyaan soal "jeroan" yang dibawa iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Apple hanya menjelaskan besaran memori internal yang dibawa untuk menjelaskan perbedaan banderol harga, namun tidak menyebut besaran kapasitas RAM-nya.

Untungnya, peluncuran lini iPhone baru yang menjadi perbincangan hangat di kalangan pemerhati gadget di seluruh dunia, membuat hasil uji benchmark-nya ikut terkuak kurang dari 24 jam setelah perilisan.

Nilai benchmark yang beredar turut membawa spesifikasi RAM pada tiga perangkat itu.

Paling menarik adalah RAM pada seri paling premium, iPhone XS Max. Dalam pengujian benchmark, terkuak jika iPhone XS Max mengusung RAM 4 GB, menjadikannya lini iPhone pertama dengan RAM terbesar sejauh ini.

Pada uji benchmark yang dilakukan melalui Geekbench, single-core, iPhone XS Max meraih angka 4.813 poin, sementara pada multi-core mnencapai 10.266 poin. Hasil ini didapat berkat chip A12 Bionic yang mepersenjatai ketiga perangkat.

Sayangnya, pengujian ini belum dilakukan pada seri iPhone XS reguler, namun diperkirakan hasilnya tidak akan terpaut jauh.

Jika dibandingkan dengan benchmark model iPhone X tahun lalu, tingkat performa pada uji multi-core terbilang sama. Namun pada pengujian single-core, model baru ini terlihat unggul kurang lebih 800 poin dibanding iPhone X.

Berbeda dengan iPhone XS Max, iPhone XR memiliki RAM lebih kecil yakni 3 GB, seperti iPhone 8 Plus dan iPhone X yang dirilis tahun lalu, seperti dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (14/9/2018).

Jumlah RAM di iPhone memang tidak jor-joran seperti di perangkat Android, yang saat ini sudah menembus angka 8 GB. Meski demikian, iPhone tetap memiliki kinerja yang tak kalah baik dibanding smartphone Android dengan RAM berukuran jumbo.

Performa tinggi iPhone dengan RAM rendah tersebut bisa diraih berkat sistem operasi iOS yang dirancang khusus hanya untuk iPhone. Berbeda dengan smartphone Android yang hardware-nya harus "bekerja keras" menyesuaikan diri dengan sistem operasi mobile rancangan Google.

https://tekno.kompas.com/read/2018/09/14/13310047/benchmark-ungkap-jumlah-ram-iphone-xs-max-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke