Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Komponen Berbahan Limbah di iPhone XS, XS Max, dan XR

Eksekutif Apple, Lisa Jackson sesumbar bahwa Apple menggunakan timah daur ulang pada komponen board trio iPhone XS, XS Max, dan XR. Selain itu, balutan kaca pada body trio iPhone tersusun atas 32 persen plastik bio.

Menurut Lisa Jackson, Apple berupaya menghindari penambangan material baru dari Bumi. Semua ini untuk mereduksi dampak pengembangan produknya terhadap pencemaran lingkungan.

Kendati begitu, Lisa Jackson mengakui upaya itu sulit dilakukan. Apple sejauh ini hanya bisa lebih banyak, belum sepenuhnya, memakai komponen daur ulang.

Selain itu, Apple juga perlu memastikan produknya tahan lama dan nantinya didaur ulang dengan benar pula, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (15/9/2018), dari Cnet.

“Ketiga iPhone terbaru ini berjalan dengan iOS 12 karena bisa tahan lebih lama, Anda bisa terus-terusan memakainya,” kata Lisa Jackson.

Diketahui, Apple dinobatkan sebagai perusahaan Amerika Serikat pertama dengan nilai tembus triliun dollar AS pada Agustus 2018 lalu. Sepertiga dari pendapatannya berasal dari penjualan iPhone.

iPhone X keluaran tahun lalu yang terbilang mahal pun terjual 41,3 juta unit pada kuartal kedua 2018. Para analis meramalkan unit premium iPhone XS dan XS Max akan kembali meraup sukses di pasaran.

Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, Apple sudah semestinya merasa bertanggung jawab atas dampak lingkungan yang timbul dari limbah, proses industri, serta bahan bumi yang dipakai.

Akankah Apple mampu untuk lebih jauh menjadi ramah lingkungan? Kita nantikan saja komitmennya ke depan.

https://tekno.kompas.com/read/2018/09/15/08040097/ada-komponen-berbahan-limbah-di-iphone-xs-xs-max-dan-xr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke