Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sony Luncurkan PlayStation Classic, Harga Rp 1 Jutaan

Untuk pertama kalinya, Sony akan merilis versi mini konsol PlayStation lawas (PS1) dengan nama baru, PlayStation Classic.

Konsol PlayStation Classic akan mulai dijual 3 Desember 2018, tepat 24 tahun PlayStation pertama dirilis di Jepang. Di tanah kelahirannya, PlayStation Classic akan dijual seharga 9.980 yen (sekitar Rp 1,3 jutaan).

Sesi pemesanan saat ini juga telah dibuka bagi konsumen di AS, melalui situs Gamestop, BestBuy, dan Walmart.

Dibanding versi orisinil. PlayStation Classic 2018 ukurannya menciut 45 persen. Namun, desain dan warnanya, masih sama dengan konsol PS tahun 90-an. Meski memiliki desain serupa, namun ada beberapa fitur orisinil yang diperbarui.

Seperti slot kartu memori yang mengecil yang tidak bisa berfungsi lagi. Laci untuk memutar kaset CD juga akan menjadi hiasan saja, yang artinya tidak akan terbuka meski ada tombol "open".

Tombol tersebut berubah fungsi untuk mengganti CD virtual. Sementara tombol "reset" saat ini akan berubah fungsi menjadi tombol "suspend" untuk menjeda game dan menyimpan progresnya untuk dimainkan lagi nanti.

Sony juga menawarkan dua kontroler klasik PS1 yang mendukung game multiplayer setiap pembelian bundling.

Konsol ini turut memboyong 20 game legendaris bergenre khusus secara pre-loaded, termasuk Final Fantasy VII, Tekken 3, dan Ridge Racer Type 4.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (20/9/2018), Sony memang belum merilis daftar game apa saja yang bakal diangkut. Namun kabarnya, Jumping Flash dan Wild Arms akan diikutsertakan.

Dari laman resminya, Sony mengindikasikan jika PlayStation Classic di setiap negara bisa berbeda-beda. Sony juga mengonfirmasi jika sistem konsol ini tidak akan mendukung game unduhan tambahan.

https://tekno.kompas.com/read/2018/09/20/08330097/sony-luncurkan-playstation-classic-harga-rp-1-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke