Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Donggala dan Palu, Ini Lokasi Layanan Telepon dan Internet Gratis

Di antaranya adalah Telkom dan Telkomsel yang menyediakan akses internet dan telepon gratis untuk wilayah Donggala, Palu, dan sekitarnya.

Internet gratis Telkom ini diberikan lewat jaringan Wifi.id untuk wilayah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami. Melalui SSID "TelkomPeduli", internet gratis ini bisa diakses di kantor Telkom di wilayah Palu, Donggala, Ampana, Banggai, Luwuk, Marisa, Parigi dan Poso.

"Saya sudah coba sendiri, untuk video call (WhatsApp) bisa," kata AVP External Communication Telkom, Pujo Pramono ketika dihubungi KompasTekno, Minggu (30/9/2018) sore.

Adapun alamat kantor Telkom yang menyediakan akses WiFi gratis adalah sebagai berikut:

Palu: Jl. Juanda No. 25 Palu

Donggala: Jl. Kamata No 46 Kab Donggala Sulteng.

Ampana: Jl. Muslaeni, Uentanaga Bawah, Ampana Kota.

Banggai: JL Yogugu Sopia, Lambako, Banggai, Banggai Laut.

Luwuk: Jl. M.T. Haryono, Soho, Luwuk.

Marisa: Jl. Trans Sulawesi, Marisa utara.

Parigi: Jl. Telkom, Masigi, Parigi.

Poso: Jl. Urip Sumoharjo No.3, Kasintuwu, Poso Kota Utara.

Masyarakat bisa memanfaatkan internet secara gratis dan Telkom juga menyediakan pula fasilitas charger untuk mengisi ulang daya, karena saat ini di beberapa lokasi banyak yang kesulitan listrik.

Selain itu, Telkom juga mengaktifkan sistem komunikasi satelit dengan menggunakan Satellite News Gathering (SNG) yang dibawa dari Makassar ke Palu. Telkom juga sudah memulihkan sebagian besar jaringan yang terganggu secara bertahap.

Layanan komunikasi yang berangsur pulih ada di beberapa titik vital yang diprioritaskan.

Sementara untuk Telkomsel, operator seluler pelat merah itu menyediakan layanan telepon dan SMS gratis yang lokasinya berada di halaman Grapari Telkomsel Palu.

Alamat Grapari Telkomsel Palu Jl. Professor Muhammad Yamin No. 9, Palu Selatan, Lolu Utara, Palu.

Layanan komunikasi voice, SMS dan jaringan internet 4G di wilayah Palu diklaim Telkomsel sudah berangsur pulih.

"Kami atas nama Telkomsel turut berduka atas terjadinya bencana gempa di Sulawesi Tengah ini dan memohon maaf atas ketidaknyaman akibat gangguan layanan telekomunikasi yang terjadi," ungkap Denny Abidin, GM Ecternal Corporate Communiaction Telkomsel.

"Telkomsel juga mengirimkan bantuan berbagai kebutuhan para korban seperti kebutuhan pokok, medis, dan akses telekomunikasi dengan memberikan fasilitas telpon dan SMS gratis,” imbuh Denny.

Percepatan pemulihan layanan telekomunikasi tersebut dilakukan untuk memudahkan koordinasi pemerintah serta seluruh petugas lapangan yang saat ini tengah fokus melakukan evakuasi terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana.

.

.

https://tekno.kompas.com/read/2018/09/30/16515887/gempa-donggala-dan-palu-ini-lokasi-layanan-telepon-dan-internet-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke