Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update Google Maps Permudah Pantau Kereta dan Bus

Lebih dari itu, pengguna juga diberikan informasi jika ada gangguan spesifik di tiap jalur komuter. Penundaan keberangkatan pun diberi tahu, lengkap dengan estimasi waktunya.

Pembaruan ini pun memungkinkan pengguna memantau kereta atau bus yang hendak ditumpangi sudah sampai di mana. Google Maps memperlihatkan posisi dan pergerakan komuter secara real-time.

Akan tetapi, antarmuka seperti ini mula-mula hanya tersedia di 80 wilayah di seluruh dunia. Di Sydney, Google Maps bahkan memberi tahu berapa kapasitas yang memenuhi satu bus atau kereta yang hendak dinaiki.

Fitur ini masih eksklusif di satu wilayah dan dijanjikan bakal disebarkan dalam waktu dekat, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (2/10/2018), dari TheVerge.

Belum diketahui kapan pembaruan ini disebar bagi pengguna Google Maps di Indonesia.

Musik yang terintegrasi

Saat menempuh perjalanan dengan komuter, sering kali penumpang mati gaya dan bosan. Apalagi jika perjalanan dilakukan sendiri, tiada yang menemani.

Hal yang paling sering dilakukan dalam kondisi ini adalah mendengarkan lagu di smartphone, sembari mengecek media sosial atau membaca buku.

Jika Anda ingin aplikasi Google Maps terus terbuka untuk memantau perjalanan, kadang harus keluar dan masuk kembali ketika ingin memutar musik. Kini tak perlu khawatir karena Google Maps memungkinkan integrasi ke layanan hiburan.

Pengguna bisa playback via Google Maps untuk lagu-lagu di layanan musik semacam Spotify, Apple Music, dan Google Play Music. Ada sedikit perbedaan integrasi di aplikasi Android dan iOS.

Jika memakai Android, level integrasi dengan Spotify dkk lebih mendalam, di mana pengguna bisa mencari lagu -bukan cuma playback- via Google Maps.

Terlepas dari itu, pembaruan aplikasi Google Maps secara keseluruhan tersedia untuk pengguna iOS dan Android mulai pekan ini.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/02/13320097/update-google-maps-permudah-pantau-kereta-dan-bus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke