Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Layar Ponsel Android Bakal Bisa Ditampilkan di Windows 10

Lewat fitur ini, laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 akan bisa memuat tampilan layar smartphone Android (mirroring) di desktop.

Bukan hanya itu, dengan app mirroring ini pengguna juga akan dapat mengontrol perangkat Android langsung melalui layar laptop miliknya. Seperti mengakses kontak, mengirim SMS, hingga mentransfer dokumen dengan mouse dan keyboard.

Pengguna juga bisa bermain game dan membuka aplikasi Android di tampilan layar ponsel yang nongol di desktop Windows 10.

Kemampuan menampilkan tampilan Android ke layar komputer sejatinya bukanlah hal baru. Ada banyak cara untuk membuat tampilan Android bisa hadir pada perangkat komputer. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan emulator.

Berbeda dengan emulator yang menjalankan software Android di atas sistem operasi Windows lewat emulasi, mekanisme fitur mirroring ini adalah "memindahkan" tampilan layar ponsel milik pengguna ke desktop.

Dalam sebuah demonstrasi, tim pengembang Microsoft berhasil melakukan percobaan dengan membuka aplikasi Snapchat dan berkirim pesan lewat mirroring ini.

Dalam presentasi yang sama, Microsoft turut memperkenalkan fitur Your Phone untuk mempermudah penggunaan ponsel pintar lewat komputer berbasis Windows 10.

Your Phone sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengakses ponsel miliknya yang terhubung dengan laptop Windows 10. Your Phone bisa digunakan untuk berkirim sms dan memindahkan gambar atau foto dengan lebih cepat.

Kendati demikian belum diketahui apakah app mirroring ini akan hadir dalam fitur Your Phone atau akan dirilis dalam aplikasi berbeda yang terpisah.

Dikutip KompasTekno dari Android Police, Jumat (5/10/2018), Microsoft belum dapat memastikan kapan fitur app mirroring itu akan dirilis untuk para pengguna Windows 10.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/05/08400047/layar-ponsel-android-bakal-bisa-ditampilkan-di-windows-10

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke