Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nama Standar WiFi Dianggap Rumit, Bakal Disederhanakan

KOMPAS.com - Meski sudah menjadi bagian dari kehidupan, tak sedikit yang tahu bahwa sebenarnya ada banyak jenis Wi-Fi di sekitar kita. Kesemua jenis Wi-Fi tersebut memiliki nama dan standarisasi masing-masing.

Masing-masing standar memiliki kemampuan dan spesifikasi yang berbeda. Misalnya standar 802.11a bisa mendukung bandwidth mencapai 54 Mbps di frekuensi 5 Ghz atau 802.11n yang bisa mencapai bandwidth 300 Mbps di frekuensi 2,4 Ghz dan 5 Ghz.

Penamaan jaringan Wi-Fi ini kerap dianggap sesuatu yang tak praktis, sulit diingat, dan sulit dipahami. Karena itulah otoritas standar industri Wi-Fi, Wi-Fi Alliance memutuskan untuk mengubah standar penamaan ini.

Perubahan nama Wi-Fi tak lagi menggunakan susunan angka teknis yang rumit dan sulit dihafal. Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Jumat (5/10/2018), generasi terbaru WiFi yakni 802.11ax diubah menjadi WiFi 6.

Selain itu WiFi Alliance juga mengubah nama teknis WiFi generasi sebelumnya yakni 802.11ac menjadi WiFi 5 dan 802.11n menjadi WiFi 4.

Perubahan ini tidak memengaruhi standar teknis yang telah diterapkan oleh otoritas, dan hanya terbatas pada penamaan.

"Selama hampir dua dekade, pengguna Wi-Fi harus memilih nama teknis untuk melihat apakah perangkat mereka mendukung Wi-Fi terbaru," kata Edgar Figueroa, presiden dan CEO dari Wi-Fi Alliance.

"Kami memperkenalkan Wi-Fi 6, dan menghadirkan skema penamaan baru untuk membantu industri dan para pengguna Wi-Fi agar mudah memahami Wi-Fi yang didukung oleh perangkat atau koneksi mereka," lanjutnya.

Perubahan penamaan ini akan disahkan lewat sertifikasi yang akan dirilis Wi-Fi Alliance pada 2019 mendatang.

Selama masa transisi perubahan nama ini, para pelaku industri yang berhubungan dengan Wi-Fi (seperti misalnya vendor smartphone) bisa mencantumkan kedua nama agar lebih jelas bagi para pengguna.

Selain itu, Wi-Fi Alliance pun menegaskan bahwa generasi terbaru Wi-Fi 6 akan hadir dengan kapasitas data yang lebih tinggi dan performa yang lebih cepat. Wi-Fi ini juga diklaim akan lebih efisien.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/05/18220017/nama-standar-wifi-dianggap-rumit-bakal-disederhanakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke