Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lenovo Rajai Pasar PC di Tengah Kelesuan

Berdasarkan estimasi dari firma peneliti IDC dan Gartner, pertumbuhan pengapalan PC naik 0,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Secara riil, ada 67.206 unit PC yang terjual.

Di tengah industri yang tak berkembang, Lenovo masih merajai pasar PC dengan pertumbuhan penjualan 10,7 persen dari tahun ke tahun. Pangsa pasarnya mencapai 23,6 persen dengan total pengapalan 15.889 unit PC.

Menurut analis, pertumbuhan Lenovo tak lepas dari akuisisinya yang sukses ke Fujitsu pada awal tahun ini. Sumber daya di Fujitsu membantu memperkuat posisi Lenovo di industri PC, baik secara strategi pemasaran dan inovasi teknologi.

Di posisi ketiga, Dell mampu menggenjot pertumbuhan penjualan meski hanya 5,3 persen dari tahun lalu. Pangsa pasarnya mencapai 16 persen, berkat penjualan 10.737 unit selama tiga bulan terakhir.

Selain tiga pabrikan raksasa tersebut, vendor lainnya mengalami penurunan bisnis. Bisnis PC Apple diprediksi bakal merosot 8,5 persen dengan penjualan hanya 4.928 unit PC.

Di bawahnya secara berurutan ada Acer dan Asus, yang diperkirakan bakal mendapat laporan minus masing-masing 5,7 persen dan 15,9 persen.

Laporan ini masih berupa analisis yang sifatnya sementara, tetapi urutannya hampir pasti demikian. Bagaimana masa depan industri PC di masa depan? Belum ada yang bisa memastikan.


https://tekno.kompas.com/read/2018/10/12/07164787/lenovo-rajai-pasar-pc-di-tengah-kelesuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke