Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Winamp Bakal Dirilis Ulang Jadi Pemutar Musik All-in-one

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Winamp? Layanan pemutar media yang populer di tahun 2000-an ini berencana kembali ke industri perangkat lunak dengan format baru.

Rencana ini diungkap langsung oleh perusahaan yang membeli Winamp pada 2014 silam, yakni Radionomy. Winamp dengan format baru dikabarkan akan dirilis pada 2019 mendatang.

Versi baru Winamp dikabarkan akan diluncurkan sebagai aplikasi pemutar musik all-in-one baik untuk desktop maupun smartphone. Menurut CEO Radionomy, Alexandre Sanoundjian, Winamp versi baru juga akan mendukung kemampuan streaming musik hingga podcast.

"Akan ada versi yang benar-benar baru di tahun depan. Dengan warisan besar yang dimiliki Winamp tapi disertai pengalaman mendengarkan musik yang lebih lengkap," ungkap Sanoundjian.

"Anda tidak hanya akan bisa mendengarkan musik yang Anda miliki di rumah, tapi juga musik di awan (streaming), podcast, streaming radio, dan daftar lagu yang telah Anda buat," lanjutnya.

Kendati demikian Sanoundjian enggan untuk menjelaskan lebih rinci seperti apa Winamp baru ini sesungguhnya. Ia pun tak memberi keterangan apakah Winamp akan terintegrasi dengan Spotify, Apple Music, atau platform lain untuk menghadirkan layanan streaming.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (16/10/2018), Sanoundjian juga tidak menyebutkan lebih rinci kapan tanggal dan bulan Winamp versi baru ini akan diluncurkan.

Winamp sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1996. Kala itu Winamp menjadi layanan yang populer untuk memutar musik dan saluran radio.

Pada Desember 2013 Winamp sempat mengucapkan salam perpisahan pada para penggunanya. Winamp kalah bersaing dengan pemutar musik lainnya, termasuk layanan streaming musik Spotify yang mulai menggurita.

Di tahun 2014 Radionomy kemudian membeli Winamp dan memberinya sedikit nafas. Tetapi setelah itu Winamp seolah hilang dari peredaran.

Versi terakhir Winamp yang dirilis bertahun-tahun silam adalah Winamp 5. Besar kemungkinan versi baru yang akan dirilis tahun depan akan mengusung nama Winamp 6.

Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/16/10180117/winamp-bakal-dirilis-ulang-jadi-pemutar-musik-all-in-one

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke