Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dikritik, Imbauan Tak Pakai Headphone Malam-malam bagi Perempuan di London

Atas kejadian ini, pihak berwenang setempat meminta para perempuan tidak menggunakan headphone, terutama saat berjalan sendirian. Hal ini belakangan menuai kritik.

"Saya akan meminta perempuan setempat untuk berhati-hati ketika mereka berjalan, khususnya jika mereka berjalan seorang diri," jelas detektif polisi Laura Avery, sebagaimana KompasTekno kutip dari BBC, Selasa (16/10/2018).

Avery mengimbau perempuan di sekitar London bagian barat laut, untuk tidak memilih jalan remang-remang.

"Jika perlu, beri tahu seseorang jika Anda akan pulang dan rute mana yang akan Anda ambil, dan tetap waspada dengan sekitar Anda, jadi jangan gunakan earphone atau perangkat genggam lain," jelas Avery lebih lanjut.

Jika ada yang mencurigakan, tambah Avery, mereka diminta untuk segera menghubungi polisi. Pelecehan seksual baru-baru ini dikabarkan sering terjadi di London, tepatnya di dekat stasiun Willesden Green Tube, di mana kasus terakhir juga terjadi di tempat tersebut.

Pada kasus terakhir itu, seorang korban mengisahkan jika dirinya didekati seorang pria yang mencoba mengajaknya berbicara sebelum pelaku melakukan pelecehan seksual.

Menurut pihak kepolisian setempat, sebagian besar kasus terjadi dengan cara yang sama, mengajak ngobrol korban dengan meminta ciuman atau pelukan, sebelum melakukan pelecehan. Kebanyakan kasus terjadi di akhir pekan.

Menyalahkan Korban

Atas imbauan pelarangan headphone bagi perempuan saat berjalan sendiri, beberapa pihak menganggap jika kepolisian justru menyalahkan korban (victim blamming) alilh-alih memburu pelakunya.

Protes banyak dilayangkan warganet di Twitter, salah satunya adalah dosen Universitas Southampton, Dr. Charlotte Lydia Riley.

Dilansir dari The Independent, menurut pengacara profesional, Siobhan Tatum, para perempuan justru memanfaatkan earphone demi mengurangi perhatian dari pria. Menanggapi kontroversi ini, kepolisian London belum memberikan komentar.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/16/20030057/dikritik-imbauan-tak-pakai-headphone-malam-malam-bagi-perempuan-di-london

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke