Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Windows 10 Bakal Bisa Hapus Aplikasi Bawaan yang Tak Terpakai

Ke depan, aneka macam “bloatware” yang tadinya tidak bisa dihapus ini bakal bisa dilenyapkan dari komputer pengguna lewat sebuah update Windows 10 yang disiapkan untuk tahun depan.

Hal tersebut diketahui dari build Windows 10 terbaru (versi 18262) untuk para peserta Windows Insider Program. 

Menurut Microsoft dalam sebuah keterangan di blog miliknya, build berkode “19H1” itu bakal memberi opsi untuk mencopot pemasangan sejumlah aplikasi bawaan Windows 10.

Cara menghapusnya adalah melalui context menu (klik kanan) di ikon aplikasi yang akan dihapus di Start Menu, lalu pilih opsi “uninstall”. 

Daftar tersebut merupakan tambahan dari tujuh aplikasi bawaan, termasuk My Office, OneNote, Skype, dan Print 3D, yang saat ini sudah dapat dihapus oleh pengguna tanpa adanya pembaruan 19H1.

Selain aplikasi-aplikasi tersebut, game yang secara otomatis terpasang di Windows juga dapat dihapus seperti Candy Crush Saga, Farmville 2, Disney Magic Kingdoms, dan Bubble Witch.

Dengan mencopot aplikasi bawaan yang tak terpakai, pengguna dapat membebaskan sedikit ruang penyimpanan serta meringankan kerja memori (RAM) perangkat.  

Selain fitur ini, belum diketahui dengan jelas fitur lain apa saja yang akan ada dalam pembaruan terkait. 

Kendati demikian, pembaruan ini akan membawa kebebasan bagi pengguna Windows 10 untuk lebih menyesuaikan aplikasi dengan kemampuan perangkat dan kebutuhan pribadi masing-masing. 

Pembaruan 19H1 untuk Windows 10 rencananya baru akan dirilis ke publik pada April 2019 atau setelahnya untuk memastikan tidak ada bug yang bisa mengganggu.

Sebelumnya, update Windows 10 versi 1809 untuk bulan Oktober 2018 sempat bermasalah karena menghapus data pengguna sebelum akhirnya ditarik dan diperbaiki oleh Microsoft.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/21/15330067/pengguna-windows-10-bakal-bisa-hapus-aplikasi-bawaan-yang-tak-terpakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke