Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seperti Android, Pengguna Chrome Desktop Bisa Nonton Sambil "Browsing"

Beberapa aplikasi kemudian memanfaatkan fitur tersebut, misalnya WhatsApp yang kini memungkinkan pengguna saling bertukar pesan sembari memutar video YouTube tanpa beralih aplikasi.

Nah, konsep serupa akhirnya dibawa ke desktop melalui peramban Chrome 70. Para pengembang (developer) bisa menginisasi dan mengontrol fitur PiP untuk elemen video di situs mereka.

Dengan begitu, pengunjung situs bisa membuka laman, masuk ke sebuah tab dan memutar video di dalamnya, sembari membuka tab lain untuk mengumpulkan lebih banyak informasi sambil tetap menonton video.

PiP di Chrome 70 kompatibel untuk segala sistem operasi desktop, mulai dari MacOS, Windows, hingga Linux, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (23/10/2018), dari ZD Net.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup menekan di sisi kanan pada frame video, lantas pilih “Picture-in-Picture” dari context menu yang muncul. Video itu kemudian akan muncul terpisah di sebuah jendela kecil yang ukurannya bisa diatur sesuka hati.

Jendela kecil video akan terus ada walaupun pengguna berpindah ke tab lain, misalnya untuk browsing. Pengguna bisa melakukan "pause" dan "resume" video dengan meng-klik tombol di tengah jendela. Untuk menutupnya, tekan simbol "x" di pojok kanan atas.

Fitur PiP sebenarnya sudah mulai diterapkan di Chrome desktop pada Mei lalu. Namun, ketika itu kemampuan PiP masih disembunyikan dan hanya bisa dipanggil dengan mamasang extension tertentu di Chrome.

Baru belakangan ini saja Chrome mengaktifkan PiP pada versi 70 sehingga bisa diaktifkan dengan mudah oleh pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/23/20100047/seperti-android-pengguna-chrome-desktop-bisa-nonton-sambil-browsing-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke