Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanda-tanda Apple Bakal Adopsi Konektor USB-C

Berbagai bocoran dan prediksi sudah berseliweran di ranah maya. Salah satunya menyebut iPad Pro bakal beralih dari konektor Lightning ke USB-C.

Hal ini sejatinya telah diumbar analis Apple, Ming-Chi Kuo sejak September lalu. Para analis di Hongkong dan Jepang pun mendukung prediksi tersebut.

Bahkan, foto render iPad Pro dengan konektor USB-C sudah mengemuka di internet. Pada foto tersebut, iPad Pro juga kelihatan mengusung layar full-screen.

Indikasi lainnya yang memperkuat rumor ini adalah kemunculan kabel pengisian daya baru dengan standar USB-C untuk arloji pintar Apple Watch. Artinya, pengguna bisa mengisi daya wearable tersebut via MacBook, atau mungkin iPad Pro, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (24/10/2018), dari Forbes.

Apple sepertinya mulai membangun ekosistem USB-C untuk menggantikan konektor Lightning yang sudah digunakan sejak 2012 lalu. Jika benar, apa alasannya?

Sebenarnya kemewahan utama USB-C sama dengan Lightning, yaitu mudah terhubung dalam berbagai posisi, alias anti-terbalik.

Berbeda halnya dengan USB-A, microUSB, dan SCART, yang jelas-jelas punya posisi atas dan bawah berbeda, sehingga pengguna harus benar-benar menghubungkannya dengan posisi yang pas.

Keunggulan USB-C ketimbang Lightning terletak pada fleksibilitasnya. Pengguna bisa mengisi daya dengan banyak kabel yang kompatibel karena tak eksklusif untuk perangkat Apple saja.

USB-C juga dirancang untuk menransfer data berukuran besar dalam waktu yang relatif lebih cepat. Dalam satu detik, USB-C mampu mengantarkan file 10 Gb.

Konektor tersebut juga mendukung fitur pengisian daya cepat yang lebih maju. Selain itu, USB-C mampu menampilkan suara atau gambar ke proyektor atau televisi dengan resolusi tinggi 4K.

Sejauh ini Apple belum mengonfirmasi kabar soal peralihan dari Lightning ke USB-C. Kita tunggu saja kejelasannya dalam sepekan ke depan.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/24/17110087/tanda-tanda-apple-bakal-adopsi-konektor-usb-c

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke