Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Bantah Sadap iPhone Trump, Sarankan Pakai Huawei

Bantahan itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China, Hua Chunying, di sela rapat rutin di Beijing Kamis, (25/10/2018) lalu. Bahkan, Chunying malah menyarankan Trump untuk memakai ponsel bikinan pabrikan China, Huawei.

Chunying menyebutkan ada pihak tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil keuntungan dengan menyebarkan informasi hoaks.

"Melihat laporan ini, saya rasa ada orang yang sangat bekerja keras yang ingin memenangkan penghargaan Oscar kategori screenplay terbaik dengan memainkan drama kebohongan." sebutnya.

Bahkan, Chunying pun menyindir, dia menyarankan Trump seharusnya menggunakan ponsel buatan Huawei, bukan iPhone, jika presiden negara adidaya itu peduli akan keamanan ponselnya.

Menariknya, jika Trump ingin pindah ke ponsel Huawei, mungkin Trump harus membelinya melewati jalur ilegal, sebab produk ponsel Huawei sendiri dilarang dijual di AS, karena isu keamanan. Isu ini sampai memengaruhi hubungan China dan AS, seperti ditakutkan adanya penyadapan di atas.

Kedati demikian, Presiden Trump dan pihak terkait belum memberikan konfirmasi apa pun tentang adanya dugaan penyadapan ini.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa China dan Rusia rajin menyadap percakapan sang pemimpin Amerika itu dengan para kerabatnya, lewat daftar kontak yang sering dihubungi presiden AS.

Tuduhan pun melayang lewat laporan agensi mata-mata AS, dengan alasan
China dan Rusia ingin tahu strategi perang dan pasar persenjataan yang akan digunakan AS.

Di sisi lain, Huawei telah menjual lebih dari 200 juta ponselnya di seluruh dunia tahun ini, melewati Apple, yang berarti Huawei kali ini tinggal head-to-head dengan Samsung.

Namun, bisa jadi pabrikan ponsel China itu bakal dikalahkan Apple, menimbang iPhone XR yang baru dijual di pasaran awal pekan ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari South China Morning Post, Jumat (26/10/2018).

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/27/16120027/china-bantah-sadap-iphone-trump-sarankan-pakai-huawei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke