Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sengaja Bikin "Lemot" Ponsel Lawas, Apple dan Samsung Jadi Bahan Olokan Huawei

KOMPAS.com - Langkah Apple dan Samsung yang membikin lambat ponsel lawasnya dimanfaatkan oleh Huawei. Vendor ponsel asal China ini menyindir Apple dan Samsung lewat sebuah kicauan di Twitter.

Melalui akun Twitter resminya, Huawei menuliskan kicauan yang ditujukan untuk dua rivalnya itu. Dalam kicauannya tersebut, Huawei menegaskan bahwa mereka tidak akan memperlambat ponsel lawas mereka seperti Apple dan Samsung.

"Kami tidak akan pernah membuat ponsel lawas kami lambat untuk memaksa (pengguna) agar melakukan upgrade," tulis Huawei.

"Kami bangga #HuaweiMate20Pro adalah ponsel yang lahir untuk tetap cepat- seperti ponsel lain dalam range kami," lanjutnya.

Kicauan itu disertai sebuah gambar iklan Huawei Mate 20 Pro yang belum lama ini dirilis.

Apple dan Samsung sendiri memang baru saja didenda oleh otoritas Itali karena ketahuan dengan sengaja memperlambat perangkat lawas lewat pembaruan software. Tujuannya adalah agar para pengguna ponsel lawas itu mau membeli produk ponsel anyar mereka yang memiliki performa lebih cepat.

Keduanya didenda sebesar miliaran rupiah karena merilis software yang menyebabkan malfungsi dan menurunkan performa ponsel. Apple didenda sebesar 8,9 juta euro atau sekitar Rp 154 miliar dan Samsung didenda 4,4 juta dollar AS atau sekitar Rp 66,8 miliar.

"Apple dan Samsung melakukan praktik yang tidak adil," ujar otoritas persidangan Italia dalam sebuah pernyataan.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Senin (29/10/2018), ini bukan pertama kalinya Huawei menyindir rivalnya. Ketika jelang merilis ponsel P20 Pro pada Maret lalu, Huawei juga sempat menyindir iklan Samsung dan Apple di Inggris.

Kemudian saat peluncuran trio iPhone 2018 di Singapura lalu, Huawei membagi-bagikan powerbank gratis untuk para pembeli yang tengah mengantre panjang.

Pada Agustus lalu, Huawei pun menyindir Galaxy Note 9 yang dirilis Samsung. Ketika itu menyombongkan kemampuan kamera P20 Pro mereka yang lebih bagus ketimbang Galaxy Note 9.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/29/07040037/sengaja-bikin-lemot-ponsel-lawas-apple-dan-samsung-jadi-bahan-olokan-huawei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke