Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gandeng Google, Samsung Bikin OS Android Khusus Ponsel Lipat?

KOMPAS.com - Demi mewujudkan ambisinya membuat ponsel layar lipat, Samsung dikabarkan tengah menjalin kerja sama dengan Google. Kerja sama ini konon dilakukan untuk membuat sebuah sistem operasi Android khusus untuk ponsel layar lipat.

Berdasarkan laporan yang beredar, desain antarmuka sistem operasi ini akan ditentukan berdasarkan bentuk ponsel layar lipat yang tengah dikembangkan Samsung.

Samsung sendiri memiliki dua pilihan desain bentuk, yakni desain yang lebih panjang secara horizontal atau desain yang lebih panjang secara vertikal ketika dilipat.

Kendati demikain belum diketahui lebih jauh soal Android yang tengah didesain khusus untuk perangkat ponsel layar lipat milik Samsung ini. Belum diketahui juga jenis Android yang akan diusung, apakah berbasis versi 8.1 "Oreo" atau bahkan versi 9.0 "Pie".

Pengembangan ponsel layar lipat Samsung sendiri dikabarkan telah mencapai tahap akhir. Dikutip KompasTekno dari ZDNet, Senin (29/10/2018), sang ponsel ini bakal memiliki kemampuan multitasking yang tinggi karena bisa digunakan layaknya tablet dan ponsel.

"Saya yakin kita membutuhkan sebuah ponsel yang bisa dilipat," ungkap CEO Samsung, DJ Koh.

Meski begitu, Koh menyadari bahwa masih butuh waktu untuk membuktikan sang perangkat yang kabarnya bernama “Galaxy F” tersebut bakal diterima pasar.

Samsung sendiri masih belum memberikan kejelasan mengenai jadwal kehadiran ponsel lipatnya di pasaran. Ponsel layar lipat ini disebut bakal muncul pada 2018 namun kemudian mundur menjadi 2019.

Selain Samsung, pabrikan smartphone terbesar kedua di dunia, Huawei, juga tengah bersiap untuk meluncurkan perangkat ponsel layar lipat. Sama seperti Samsung, Huawei pun belum memberi kejelasan soal kapan dan seperti apa ponsel layar lipat besutannya akan diluncurkan.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/29/15330077/gandeng-google-samsung-bikin-os-android-khusus-ponsel-lipat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke