Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ganti Baterai dan Layar iPhone XR Lebih Mudah daripada Android

KOMPAS.com - Meski dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, varian iPhone termurah yakni iPhone XR ternyata lebih mudah untuk diperbaiki jika terjadi kerusakan. Khususnya dua komponen utama yang seringkali rusak yakni baterai dan layar.

Hal ini terungkap setelah ahli perbaikan iPhone dari iFixit membongkar jeroan iPhone XR. Hasilnya menurut sang ahli, meski memiliki bentuk serupa, iPhone XR punya karakteristik yang berbeda dengan iPhone XS dan XS Max.

Prosedur penggantian baterai dan layar milik iPhone XR jauh lebih mudah bahkan lebih mudah dari ponsel Android kebanyakan. Pasalnya baterai milik iPhone XR tidak berbentuk L seperti iPhone XS melainkan berbentuk persegi panjang layaknya iPhone 8.

"Prosedur pembukaan untuk bagian layar dan kemudahan akses untuk menjangkau baterai tetap menjadi prioritas utama desain Apple," ungkap Kay Clapp salah satu pakar perbaikan iPhone lewat blog resminya.

"Ini membuat dua komponen perbaikan paling umum (layar dan baterai) jadi lebih mudah bahkan daripada sebagian besar ponsel Android," lanjutnya.

Ia pun kemudian memberikan penilaian 6 dari 10 poin dalam perbaikan. Skor ini sama seperti yang diberikan kepada iPhone XS dan iPhone Xs Max.

Kendati demikian, para pakar pun menemukan beberapa hal yang perlu digarisbawahi seperti penggunaan lempengan tembaga pada bagian pengisian daya. Hal ini membuat proses pengisian daya iPhone XR bisa lebih cepat tetapi juga cepat panas.

Selain itu dikutip KompasTekno dari Mashable, Selasa (30/10/2018), material kaca pada iPhone XR juga ditengarai rawan retak. Jika terjadi keretakan maka pengguna harus mengganti seluruh sasis pada ponsel.

iPhone XR sendiri diperkenalkan sebagai anggota dari trio iPhone 2018 dan menjadi varian iPhone termurah. Ponsel yang dirilis beberapa waktu lalu ini dibanderol sekitar Rp 11,3 juta untuk versi paling rendah.

Dari segi desain, iPhone XR yang masuk kelas menengah ke bawah mengusung layar 6,1 inci, sudah bezel-less dan punya poni (notch).

Ukuran layar ini tergolong besar di kelasnya, mengingat iPhone 8 Plus sebelumnya hanya mengusung ukuran layar 5,5 inci.

Bedanya iPhone XR dari iPhone XS dan iPhone XS Max adalah jenis layar yang masih LCD, bukan OLED yang umum dipakai ponsel flagship. Materi layar LCD membuat harga iPhone XR menjadi lebih terjangkau.

https://tekno.kompas.com/read/2018/10/30/11270097/ganti-baterai-dan-layar-iphone-xr-lebih-mudah-daripada-android

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke