Salin Artikel

Gboard Pakai AI untuk Sarankan Emoji dan Stiker saat Chatting

Ketika pengguna mengetikan kata atau kalimat, ikon "GIF" akan muncul menggantikan logo Google di pojok kiri atas. Kemudian ketuk ikon tersebut untuk membuka rekomendasi dari AI Google yang disesuaikan dengan konteks kata yang diketik pengguna.

Misalnya, ketika pengguna menulis "saya mengantuk", lantas Gboard akan memunculkan emoji dengan ekspresi mengantuk. Atau ketika pengguna ingin membalas pesan "selamat pagi", akan muncul rekomendasi GIF bertema sarapan atau yang lainnya.

Sayangnya, fitur ini baru disebar untuk pengguna yang memasang input bahasa Inggris di perangkat Android miliknya. Google berjanji akan menambahkan beberapa bahasa yang bisa menyesuaikan dengan fitur ini.

Dalam pengumumannya, Google tidak menyebut apakah fitur ini akan meluncur juga di perangkat iOS, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Selasa (13/11/2018).

Menurut Google, semua rekomendasi dibuat dan diproses langsung di dalam perangkat Android, bukan dengan mengirimkan informasi ke server Google lalu mengirimkan saran kembali ke pengguna. 

Cara ini bisa mempersingkat waktu untuk memberikan rekomendasi emoji, stiker, datau GIF untuk dibubuhkan. Google menyebut bahwa semua proses dilakukan secara pribadi tanpa menggunakan bantuan pihak ketiga.

Rumor tentang fitur ini sebenarnya sudah lama beredar. September lalu, Google sempat disebut tengah menyiapkan cara untuk membuat percakapan pesan lebih baik dengan membuat rekomendasi GIF dan emoji lebih cepat pada Gboard.

https://tekno.kompas.com/read/2018/11/13/18590077/gboard-pakai-ai-untuk-sarankan-emoji-dan-stiker-saat-chatting

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.