Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Marah, Zuckerberg Minta Petinggi Facebook Ganti iPhone dengan Android

Kritikan yang disampaikan Cook tidak diterima dengan lapang dada oleh Zuckerberg.
Bos besar Facebook ini menyebut jika Cook hanya pandai berbicara. Saking marahnya, Zuckerberg meminta jajaran eksekuktif Facebook untuk menggunakan ponsel Android ketimbang iPhone.

Amarah Zuckerberg terhadap Cook disinyalir dipicu dari pernyataan Cook dalam sebuah wawancara bersama Recode beberapa waktu lalu.

Ketika Cook ditanya apa yang akan dilakukan jika dirinya berada di posisi Zuckerberg terkait skandal Cambridge Analytica, Cook menjawab "Apa yang akan saya lakukan? Saya tidak akan berada di situasi ini".

Tanggapan tersebut dilontarkan Cook untuk mengkritik model monetisasi Facebook. Ia pun sesumbar jika Apple bisa saja melakukan hal yang sama dengan Facebook.

"Jika kami memonetisasi pelanggan kami—jika pelanggan kami adalah produk kami, maka kami bisa saja menghasilkan uang yang banyak. Tapi kami memilih untuk tidak melakukannya," kata Cook.

Cook memang dikenal galak soal privasi data pengguna. Dalam berbagai kesempatan, Cook meminta adanya regulasi privasi yang akan berimbas ke bisnis jejaring sosial yang mengandalkan iklan seperti Facebook.

Saling sindir sejak lama

Sebelum isu Cambridge Analytica, Cook sudah lama menyindir model bisnis Facebook. Tahun 2014 lalu misalnya, ia mengeluarkan pernyataan "ketika layanan jejaring sosial online bisa Anda gunakan cuma-cuma, Anda bukanlah pelanggan. Anda adalah produk".

Dalam kesempatan lain, Zuckerberg menganggap jika sindiran tersebut bukan ditujukan untuk Facebook melainkan Google, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Business Insider, Jumat (16/11/2018).

Zuckerberg merasa bingung dengan banyak orang yang mengaggap model bisnis iklan tidak sejalan dengan pengguna.

"Saya pikir itu konsep paling konyol. Anda pikir karena Anda membeli Apple, entah bagaimana Anda merasa sejalan dengan mereka? Jika anda sejalan dengan mereka, maka mereka akan membuat produk lebih murah!", jelas Zuckerberg.

https://tekno.kompas.com/read/2018/11/16/15310027/marah-zuckerberg-minta-petinggi-facebook-ganti-iphone-dengan-android

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke