Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kamera Xiaomi Mi Mix 3 Tahan "Naik-Turun" 600.000 Kali

Informasi itu dibuktikan dari sebuah video uji coba yang dilakukan media basis China, Digital Tail, yang mengunggahnya ke jejaring sosial Weibo beberapa hari silam.

Pada video berdurasi 40 detik ini, tampak kamera depan Xiaomi Mi Mix 3 digeser berulang kali menggunakan sebuah alat mekanikal.

Ponsel terlihat digeser ke bawah dan ke atas atau naik-turun dengan tempo tertentu secara bertubi-tubi tanpa jeda, hingga angka yang ditentukan oleh sang mesin dan penguji coba.

Menariknya, setelah digeser sampai 600.000 kali, mekanisme slider ponsel terlihat masih berfungsi dengan baik dan lancar untuk digeser-geser.

Sebelumnya, Xiaomi mengklaim mekanisme geser untuk kamera depannya itu tahan hingga penggunaan 300.000 kali geseran, atau sekitar 7 sampai 8 tahun.

Dengan munculnya video uji coba ini, klaim ini terbukti, bahkan angka durabilitas tersebut mencapai 600.000 geseran, dua kali lipat dari klaim Xiaomi, seperti yang tampil di layar angka digital pada video, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Senin (19/11/2018).

Mekanisme geser berbeda

Xiaomi Mi Mix 3 diketahui memiliki mekanisme geser yang berbeda dari ponsel sejenis yang dibuat kompetitor, seperti Oppo Find X atau Vivo Nex.

Di ponsel besutan pabrikan China tersebut, slider menggunakan fungsi magnetik yang memiliki kerenggangan antar casing yang sempit, di mana akan menghasilkan kekokohan saat ponsel digeser ke atas.

Struktur slider yang bisa dimodifikasi pengunaannya itu juga dapat menahan guncangan pada saat digunakan, dengan dukungan topangan beberapa rangkaian komponen dan rel slider yang kecil dan rapat, yang terletak di antara layar depan dan motherboard.

https://tekno.kompas.com/read/2018/11/20/11030017/kamera-xiaomi-mi-mix-3-tahan-naik-turun-600.000-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke