Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Powerbank Ini Bisa Diisi Ulang dengan Cara Diputar

Powerbank bernama Denqul ini memang didesain agar dapat digunakan dalam situasi darurat. Perangkat pengisi daya ponsel ini dirancang agar tetap bisa diisi ulang meski tidak ada sumber listrik sekalipun.

Denqul dibuat membentuk sebuah tabung dengan diameter yang kecil. Jika dilihat sepintar, powerbank ini terlihat menyerupai sebuah tongkat kecil.

Meski kecil, powerbank ini mampu menyimpan aliran listrik dengan kapasitas 5.000 mAh 3.7 V. Kapasitas sebesar ini cukup untuk dua kali pengisian daya sebuah smartphone sampai penuh.

Pada salah satu sisi, Denqul memiliki dua buah port, yakni USB dan Micro USB. Port USB ini digunakan untuk mengisi daya ponsel sedangkan port MicroUSB digunakan untuk mengisi daya powerbank itu sendiri.

Bentuk powerbank ini bisa sedikit dipanjangkan dengan cara ditarik pada salah satu ujungnya, seperti mekanisme pada sebuah selfie stick. Kemudian ujung tersebut bisa ditekuk 90 derajat untuk membentuk sebuah engkol agar dapat diputar.

Di bagian dalam powerbank ini, terdapat sebuah generator yang berfungsi untuk mengkonversi gaya sentrifugal (gerak melingkar) menjadi energi listrik. Gaya sentrifugal ini didapatkan ketika engkol tersebut diputar.

Untuk memutar engkol ini, pengguna cukup memegang ujung powerbank yang statis, kemudian digerakkan dalam pola yang memutar. Sehingga bagian engkol yang ditekuk 90 derajat itu bisa berputar layaknya sebuah baling-baling.

Dikutip KompasTekno dari Dezeen, Senin (26/11/2018), putaran inilah yang kemudian akan mengisi daya pada powerbank.

Konsekuensinya, pengguna harus memiliki tenaga yang cukup kuat untuk memutar engkol dalam jangka waktu yang lama agar powerbank dapat terisi daya secara penuh.

Selain diputar, powerbank ini juga bisa dicas menggunakan aliran listrik lewat sebuah dudukan khusus. Atau bisa juga lewat port MicroUSB yang dihubungkan ke adapter listrik.

Kendati demikian tidak disebutkan berapa harga dari powerbank ini. Perusahaan juga tidak menjelaskan berapa lama daya tahan powerbank ini dapat digunakan.

https://tekno.kompas.com/read/2018/11/26/11530057/powerbank-ini-bisa-diisi-ulang-dengan-cara-diputar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke