Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ponsel Oppo Bakal Pakai Teknologi Nokia

Selama perjanjian, Oppo akan membayar Nokia untuk menggunakan teknologi dan solusi buatan Nokia, khususnya untuk paten konektivitas. Namun, tidak diketahui berapa nilai kerja sama antara dua vendor smartphone ini.

"Oppo adalah salah satu pemimpin di industri smartphone dan kami sangat senang menyambut mereka sebagai pemegang lisensi Nokia," kata Maria Varsellona. Chief Legal Officer and President Nokia Technologies.

Pada awalnya, belum jelas apakah dengan perjanjian ini Oppo akan membuat ponsel untuk Nokia, dan apakah hanya akan berlaku untuk sektor smartphone saja atau ada perangkat lain.

Belakangan, Nokia mengklarifikasi bahwa perjanjian lisensi paten ini bukan berarti bahwa Oppo akan memanufaktur ponsel Nokia.

Hal itu lantaran Nokia saat ini masih berada di bawah naungan HMD Global sejak 2016, dan berlaku selama 10 tahun di waktu yang bersamaan.

"Ini adalah perjanjian lisensi paten non-eksklusif, dan untuk sementara ketentuan bersifat rahasia antara para pihak, saya bisa mengatakan bahwa hal itu bukan berarti Oppo akan membuat ponsel Nokia ke depannya," jelas salah satu perwakilan Nokia.

Perwakilan Nokia mengatakan bahwa sebagai pemilik paten yang esensial untuk standar komunikasi seperti jaringan 2G, 3G, dan 4G, Nokia memiliki lebih dari 100 lisensi yang kebanyakan ditujukan untuk pasar ponsel mobile, termasuk perusahaan-perusahaan seperti Apple, Huawei, LG Electronics, Samsung, Xioami, dan sekarang ditambah Oppo.

"Beberapa perusahaan yang memproduksi perangkat dan bekerja di standar komunikasi tersebut harus mendapatkan lisensi dari paten kami," imbuh perwakilan Nokia.

https://tekno.kompas.com/read/2018/11/27/14030077/ponsel-oppo-bakal-pakai-teknologi-nokia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke