Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

YouTube Punya Fitur Serupa Instagram Stories

Meski memiliki fungsi yang serupa, fitur stories milik YouTube memiliki beberapa perbedaan dari Instagram Stories. Salah satu perbedaannya adalah dari jangka waktu video yang tayang pada sebuah akun.

Fitur video stories milik YouTube memiliki jangka waktu dilihat lebih lama ketimbang Instagram Stories.

Jika video Insta Stories hanya akan dapat dilihat dan muncul selama satu hari, stories milik YouTube dapat dilihat selama satu minggu. Setelah melewati jangka waktu tersebut, video akan hilang secara otomatis.

Perbedaan lainnya ada pada interaksi yang dapat dibangun pada stories milik YouTube ini. Para pengguna yang menonton video stories tersebut dapat saling membalas komentar secara langsung.

Berbeda dengan komentar-komentar pada Instagram Stories hanya dapat dilihat lewat fitur Direct Message.

Video yang diunggah lewat stories di YouTube ini dapat disaksikan oleh pengguna lain baik yang pengguna berlangganan (subscribe) channel tersebut maupun yang tidak. Video pendek itu juga akan muncul pada bilah "up next" yang terdapat di sisi kanan dan dapat diputar secara otomatis.

Sayangnya YouTube memberi syarat tertentu jika pengguna ingin menikmati fitur ini. Syaratnya adalah pengguna harus memiliki jumlah subscriber minimal 10.000.

Selain itu, fitur ini baru bisa ditemukan pada aplikasi YouTube untuk smartphone, baik Android maupun iOS. YouTube stories juga belum dapat ditemukan pada versi website.

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (30/11/2018), kehadiran fitur YouTube stories ini sejatinya sudah mulai terendus sejak 2017 lalu.

Ketika itu, YouTube "membajak" salah seorang petinggi Snapchat untuk mengerjakan sebuah proyek. Proyek tersebut tak lain adalah fitur stories YouTube yang kala itu masih disebut dengan nama "Reels".

Kehadiran YouTube Stories ini diharapkan dapat memberi keleluasaan bagi para pembuat konten agar bisa lebih dekat dengan para fansnya. Kendati demikian belum diketahui apakah video yang diunggah pada fitur stories milik YouTube ini juga akan disisipi iklan atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2018/11/30/09455187/youtube-punya-fitur-serupa-instagram-stories

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke