Salin Artikel

50.000 Printer Mendadak Cetak Ajakan "Subscribe" YouTuber PewDiePie

Berbagai kalangan menerima pesan khusus tersebut, mulai dari pegawai kantoran hingga pekerja di stasiun pompa bensin. Ternyata, ada peretas yang mengelabui sistem printer tanpa pandang bulu.

@TheHackerGirrafe meminta “korban”-nya untuk berhenti subscribe ke channel T-Series (jika sebelumnya telah subscribe). Lalu, subscribe ke channel PewDiePie (jika sebelumnya belum subscribe).

Diketahui, PewDiePie sempat mapan di posisi pertama sebagai channel dengan subscriber terbanyak. Belakangan posisi itu diambil oleh T-Series, tetapi tak bertahan lama, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (3/12/2018), dari ZDNet.

Penggemar PewDiePie lantas bergerak cepat membuat kampanye di media sosial untuk mendukung sang YouTuber gaming kembali ke posisi wahid. Alhasil, T-Series pun balik ke posisi kedua.

Akan tetapi, perbedaan subscriber kedua channel itu sangat tipis dan masih saling mendului. Saat ini subcriber PewDiePie mencapai 72,7 jutaan, sementara T-Series 72,3 jutaan.

Tiba-tiber terbersit ide untuk meretas sesuatu. Ia lantas mencari-cari protokol yang mudah dikelabui via mesin pencari “Shodan”. Dari situ, dia menemukan ide untuk meretas printer di seluruh dunia.

Ada tiga protokol printer berbeda yang ia pelajari. Menurut @TheHackerGiraffe, sebenarnya peretasan bisa terjadi di lebih dari 800.000 printer. Namun, ia memilih 50.000 printer saja yang mayoritas berlokasi di Amerika Serikat.

Printer yang terkena imbas kala itu sedang terkoneksi ke internet dan dalam keadaan aktif untuk mencetak kertas. Selain itu, firmware yang digunakan juga sudah lawas sehingga mudah dieksploitasi.

Jika tak ingin jadi korban peretasan, jangan lupa untuk terus perbarui software perangkat elektronik Anda!

https://tekno.kompas.com/read/2018/12/03/12430017/50000-printer-mendadak-cetak-ajakan-subscribe-youtuber-pewdiepie

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.