Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qualcomm Perkenalkan Chip Snapdragon 855

System-on-chip (SoC) buatan Qualcomm Technologies ini diperkenalkan secara singkat untuk pertama kali di hari pertama Snapdragon Summit 2018 di Grand Wailea Resort, Maui, Hawaii, Selasa (4/12/2018) siang waktu setempat atau Rabu (5/12/2018) dini hari WIB.

Penjelasan detail tentang otak perangkat mobile tersebut akan dibeberkan pada hari kedua acara atau esok hari.

Qualcomm menyertakan dukungan 5G di Snapdragon 855 sehingga produk ini menjadi platform mobile komersial pertama yang menyediakan konektivitas jaringan seluler generasi kelima tersebut. 

Dalam penjelasannya, Qualcomm SVP and GM Mobile Alex Katouzian mengatakan bahwa Snapdragon 855 dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence (AI) terbaru. AI generasi keempat ini diklaim memiliki performa tiga kali lebih baik dibanding produk sebelumnya.

Kecerdasan buatan ini antara lain diterapkan dalam fitur komputasi fotografi sehingga pengguna lebih mudah mendapatkan gambar foto atau video terbaik.

Snapdragon 855 juga diklaim memiliki performa dua kali lebih gegas dari SoC kompetitor, tetapi tidak jelas siapakah kompetitor yang dimaksud.

Sebagai catatan, pada IFA 2018 di Berlin, Jerman, Oktober lalu, Huawei memperkenalkan SoC yang akan digunakan untuk ponsel Mate 20 Pro. Chipset ini disebut 75 persen lebih gegas dibandingkan Apple A12 Bionic milik trio iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Salah satu vendor pertama diketahui bakal menggunakan chip Snapdragon 855 di produknya adalah Samsung. Smartphone 5G Samsung yang ditenagai Snapdragon 855 akan hadir pada paruh pertama 2019.

https://tekno.kompas.com/read/2018/12/05/08170037/qualcomm-perkenalkan-chip-snapdragon-855

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke