Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Boyband K-Pop Kalahkan Popularitas Jokowi dan Prabowo di Twitter

Selama 2018, grup boyband asal Korea Selatan, BTS dan EXO menduduki peringkat pertama dan kedua sebagai tagar terpopuler mengalahkan pembicaraan soal Jokowi dan Prabowo.  

Menurut Country Head Twitter Indonesia dan Malaysia, Dwi Adriansyah, percakapan serta kicauan yang terjadi di Twitter memang didominasi oleh topik-topik yang ringan. Sebagian besar topik tersebut merupakan konten hiburan dan olahraga.  

"Dari data saja kebanyakan berasal dari ranah hiburan. Tagar K-Pop menjadi tagar paling sering trending topik di Indonesia semisal BTS, Blackpink, Exo, dll," ungkap Dwi dalam acara bertajuk #RameDiTwitter yang berlangsung di Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018). 

Ia menambahkan konten-konten hiburan inilah yang membuat Twitter kembali hidup di Indonesia dan menarik banyak jumlah pengguna aktif. 

Menurut Dwi, data tersebut dikumpulkan berdasarkan kicauan dari akun-akun asli secara organik, bukan akun bot maupun akun palsu lainnya. Dalam mengumpulkan data ini, Twitter telah melakukan verifikasi sehingga data tersebut diklaim lebih akurat. 

Ia pun menegaskan bahwa Twitter di tahun 2018 ini, telah menghapus sekitar 70 juta akun yang ditengarai sebagai akun palsu. Kendati demikian ia tak menyebutkan secara rinci berapa banyak akun palsu yang berasal dari Indonesia. 

Berikut ini adalah 10 tagar yang paling banyak digunakan selama 2018

1. #BTS
2. #EXO
3. #AsianGames2018
4. #WorldCup
5. #2019TetapJokowi
6. #2019PrabowoSandi
7. #JumatBerkah
8. #RecehkanTwitter
9. #PersijaDay
10. #SambutRamadhan

 

https://tekno.kompas.com/read/2018/12/05/15020017/boyband-k-pop-kalahkan-popularitas-jokowi-dan-prabowo-di-twitter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke