Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Rilis Fitur "Walkie-Talkie" Serupa "Voice Note" WhatsApp

KOMPAS.com - Setelah sempat diuji coba beberapa bulan lalu, jejaring sosial berbagi foto, Instagram resmi menggulirkan fitur voice messaging.

Fitur yang disebut Instagram Walkie-Talkie ini mirip dengan voice note WhatsApp, memungkinkan pengguna mengirim-balas pesan dengan suara, tanpa harus repot mengetik.

Cara penggunaan voice messaging di Instagram sendiri terbilang mudah. Setelah melakukan update, pada antarmuka Direct Message (DM) akan muncul ikon bergambar mikrofon, tepat di sebelah kiri ikon berkirim foto dari galeri.

Mereka juga bisa membatalkan perekaman suara dengan menggeser jarinya, ketika sedang menekan rekam, ke tombol berlabel tempat sampah yang ada pada sebelah kiri kolom. Durasi suara yang direkam dibatasi selama satu menit.

Kehadiran pesan suara juga diklaim akan memudahkan pengguna mengucapkan kalimat yang ejaannya susah diketik.

Untuk menikmati fitur Walkie-Talkie ini, pengguna dapat memperbarui aplikasi Instagram mereka ke versi terbaru. Update ini telah dirulis secara global mulai hari ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (11/12/2018).

Kemampuan berkirim pesan suara bukan sebuah hal yang baru bagi raksasa jejaring sosial Facebook. Pada 2013, Facebook sudah menyematkan fitur pesan suara ini di layanan chatting Messenger

Sementara WhatsApp yang juga menginduk ke Facebook, sudah meluncurkan fitur pesan suara 5 tahun sebelum "voice messaging" ada di platform Messenger.

https://tekno.kompas.com/read/2018/12/11/09315707/instagram-rilis-fitur-walkie-talkie-serupa-voice-note-whatsapp

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke