Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semua Pengguna WhatsApp Android Kini Bisa Nonton Video Sambil "Chatting"

KOMPAS.com — WhatsApp secara resmi menggelontorkan fitur Picture in Picture (PiP) untuk pengguna ponsel Android. Fitur ini memungkinkan pengguna menonton video YouTube, Instagram, dan Facebook sambil melakukan chatting tanpa harus keluar dari aplikasi.

Fitur ini sejatinya telah diuji coba selama beberapa bulan lalu. Kini fitur tersebut hadir pada WhatsApp versi 2.18.280 yang bisa diunduh langsung dari Play Store.

Melalui fitur ini, ketika pengguna lain mengirimkan pesan berupa link video YouTube, Instagram, maupun Facebook, video tersebut akan terputar pada sebuah layar kecil sehingga pengguna bisa menonton video tersebut sambil chatting.

Mekanisme ini mempermudah pengguna ketika ingin berbagi referensi video kepada pengguna lain dan hendak membahasnya. Percakapan dapat dilakukan lebih real-time karena tidak ada jeda waktu untuk keluar-masuk aplikasi.

Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Senin (17/12/2018), tidak semua video dapat diputar melalui fitur ini. Video yang bisa disaksikan sambil chatting hanya berasal dari YouTube, Instagram, dan Facebook.

Lantas bagaimana cara memanfaatkan fitur PiP ini? Cara mudah yakni pengguna hanya tinggal membagikan tautan video Instagram, Facebook, atau YouTube, yang Anda rasa menarik ketika mengobrol dengan teman via WhatsApp.

Tapi perlu diingat, pengguna harus menunggu sampai link tersebut memunculkan thumbnail video beserta rinciannya. Jika tidak, yang akan diterima pengguna lain hanya sebatas link, dan fitur PiP tidak akan muncul pada tautan ini.

Setelah video beserta thumbnail-nya dikirim, penerima hanya perlu menekan tautan itu, lantas layar kecil otomatis hadir di dalam jendela WhatsApp. Teman bisa melakukan berbagai tindakan atas video, mulai dari jeda (pause), putar (play), hingga berhenti (stop).

Fitur ini sudah lebih dulu hadir di WhatsApp untuk iOS pada sekitar Mei lalu. Meskipun fitur PiP ini sudah mulai populer sejak tahun lalu, dibutuhkan waktu sekitar satu tahun bagi WhatsApp untuk membawa fitur ini ke dalam aplikasi.

Hadirnya fitur PiP secara resmi ini menjadi sebuah keunggulan bagi WhatsApp dibanding aplikasi pesan instan lainnya. Pasalnya, sejauh ini belum ada aplikasi pesan instan lain yang memiliki fitur tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2018/12/17/13160097/semua-pengguna-whatsapp-android-kini-bisa-nonton-video-sambil-chatting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke