Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebulan, Berapa Banyak Kuota Internet yang Dihabiskan Orang Indonesia?

Data tersebut berasal dari laporan Ericsson Mobility Review terkini yang dijabarkan dalam sebuah acara paparan hasil penelitian di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Bagaimana dengan warga Indonesia, berapa banyak kuota internet mobile yang dihabiskan tiap bulannya oleh para warganet Tanah Air ?

Menurut Ronni Nurmal, Head of Network Solutions Ericsson Indonesia, pengguna smartphone di Indonesia bisa dikategorikan sebagai “heavy user” internet mobile karena  per orang rata-rata menghabiskan kuota data lebih dari 5 GB data setiap bulan.

Menurut Ronni, angka konsumsi data internet mobile di Indonesia ini meningkat dari catatan tahun sebelumnya. Pemicunya tak lain adalah tren video yang semakin signifikan.

Berdasarkan survei yang dilakukan pihak Ericsson, Ronni mengungkapkan bahwa peningkatan tersebut sudah terjadi sejak 2017, saat konsumsi data individu per bulan di Indonesia masih di bawah 5 GB.

"Terjadi perpindahan dari 2017 ke 2018. Pengguna yang memakai paket data kurang dari 1 GB jumlahnya turun. Yang memakai 5 GB juga turun. Artinya, pemakaian mereka naik di atas 5 GB," ungkap Ronni.

Menurut Ronni, konten internet yang semakin didominasi oleh video itulah yang menyebabkan terjadinya peningkatan. Ditambah lagi kualitas video yang semakin baik membuat kapasitasnya semakin besar. Dengan begitu pemakaian data pun ikut terdongkrak.

"Pemakaian lebih besar ini dipicu oleh video. Resolusi gambar semakin bagus, kemudian medsos yang memuat konten video juga berpengaruh," kata Ronni.

"Misalnya penggunaan WhatsApp. Trafik WhatsApp naik tapi apa cuma karena chat? Tidak, itu video juga. Banyak video yang dikirim lewat WhatsApp. Itu salah satu pemicunya," lanjutnya.

Ia pun menambahkan bahwa pada 2024 mendatang, tren ini diprediksi akan semakin meningkat. Apalagi penetrasi jaringan 5G akan mulai berkembang pesat di 2024.

Bahkan khusus untuk wilayah Asia Tenggara, dari jumlah data yang semula hanya menghabiskan 2,2 Exabyte setiap bulan, akan meningkat hingga 16 Exabyte per bulannya.

"Mobile subscription akan meningkat. User akan tertarik menggunakan paket data dan mobile internet ketimbang telepon atau SMS,” pungkasnya.

https://tekno.kompas.com/read/2018/12/20/14420007/sebulan-berapa-banyak-kuota-internet-yang-dihabiskan-orang-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke