Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Bikin Foto Instagram #2018BestNine

Kali ini, postingan yang berisi 9 foto kolase like terbanyak di tahun 2018 ini tampaknya sudah bisa dibuat.

Ada dua situs yang bisa dimanfaatkan guna mendapatkan kumpulan foto tersebut. Kedua situs itu adalah 2017bestnine.com dan topnine.co.

2017bestnine.com

Pada situs yang disebut pertama, pengguna bisa pergi ke situs best nine di tautan berikut ini. Meski tajuknya "2017", setelah tim KompasTekno jajal, ternyata situs masih bisa digunakan untuk membuat #2018bestnine.

Setelah membuka situs tersebut, pengguna cukup memasukkan nama akun Instagram pada bar yang tersedia.

Selanjutnya tekan “GET” dan situs bakal membuatkan kolase sembilan foto terbaik pengguna selama 2018.

Kolase disusun berdasarkan popularitasnya. Dari pojok kiri atas ditempelkan foto dengan like terbanyak, hingga di ujung kanan bawah yang paling sedikit di antara sembilan foto.

Situs 2017bestnine.com juga akan senantiasa menghitung jumlah postingan secara keseluruhan sepanjang 2018, berikut total like yang diraup.

Untuk memamerkannya di Instagram, pengguna tinggal menyimpan foto tersebut. Ada dua mode, yakni Original dan Square.

Di mode Original, caption #2018bestnine dan keterangan jumlah like beserta postingan di tahun ini akan ikut tersemat pada gambar.

Sementara pada mode Square, pengguna bisa menyimpan hanya kumpulan fotonya saja, tanpa disertai caption.

Pengguna juga bisa membagikannya langsung ke Facebook dan Twitter dengan menekan tombol "Share" yang disediakan di situs tersebut.

Perlu dicatat, akun Instagram pengguna tak boleh dikunci alias private ketika membuat postingan #2018bestnine lantaran situs tak bisa memindai foto-foto dari akun Instagram yang digembok.  

Menariknya, jika tak digembok, pengguna juga bisa membuatkan kolase foto kerabat asalkan tahu username Instagramnya.

Topnine.co

Di situs alternatif Topnine.co yang bisa diakses di tautan berikut ini, pengguna juga bisa merangkum 9 foto terbaik di Instagramnya. Bahkan aplikasinya ada di Playstore dan App Store.

Mirip situs sebelumnya, pengguna hanya tinggal memasukkan ID Instagram yang ingin dibuat kolasenya lalu memasukkan e-mail.

Sayangnya, pengguna diharuskan membayar sebesar 0,99 dollar AS atau sekitar Rp 14.000 untuk mendapatkan hasil kolase ini, jika membuatnya lewat situs topnine.co.

Sementara lewat aplikasi ponsel topnine.co, 9 foto like terbanyak akan muncul, namun dengan kehadiran "watermark" yang bisa dihilangkan dengan membayar Rp 14.000 pula.

https://tekno.kompas.com/read/2018/12/22/11100077/2-cara-bikin-foto-instagram-2018bestnine

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke