Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple Siapkan iPad Mini 5 dan iPad 10 Inci

KOMPAS.com - Meski pasar tablet secara global terus merosot, Apple ditengarai akan merilis dua iPad baru di 2019 mendatang. Kedua tablet tersebut adalah iPad Mini 5 dan satu iPad lain berukuran 10 inci.

iPad Mini 5 yang dirancang Apple, kabarnya akan memiliki sejumlah peningkatan dari iPad Mini generasi keempat yang dirilis lebih dari tiga tahun lalu. Peningkatan tersebut ada pada sisi layar dan bezel yang akan dibuat dengan lebih tipis.

Sementara satu iPad lainnya dikabarkan akan memiliki bentang layar seluas 10 inci. Namun tidak disebutkan jenis maupun seri apa iPad terbaru ini.

iPad dengan layar 10 inci ini kabarnya dibuat untuk mengganti iPad versi murah yang diperkenalkan pada Maret 2018 lalu. iPad tersebut dijual untuk menyasar kalangan anak sekolah atau mahasiswa dengan banderol harga yang lebih rendah dari varian iPad lainnya yakni 300 dollar AS (sekitar Rp 4,3 juta).

Dikutip KompasTekno dari Tech Spot, Senin (24/12/2018), iPad dengan layar 10 inci ini juga diperkirakan akan membawa desain baru dengan bezel yang lebih tipis. Kendati demikian belum diketahui seperti apa spesifikasi jeroan dari perangkat ini.

Kedua perangkat ini, baik iPad Mini 5 dan iPad 10 inci diprediksi akan meluncur pada 2019 mendatang. iPad Mini 5 ditengarai akan diperkenalkan pada semester pertama 2019 sementara iPad 10 inci diprediksi akan hadir pada semester kedua 2019.

Berdasarkan laporan, Apple akan menggandeng perusahaan asal Korea untuk memasok komponen LED kedua iPad ini. Hal ini dilakukan untuk memangkas biaya produksi yang harus dikeluarkan.

Saat ini, kondisi pasar tablet secara global memang tengah merosot tajam. Bahkan kondisi ini diramalkan tidak akan membaik dan akan terus turun dalam beberapa tahun ke depan.

Maraknya vendor yang memproduksi smartphone dengan ukuran layar besar ditengarai menjadi salah satu penyebab pasar komputer tablet yang tak kunjung bergairah.

Sejauh ini, hanya ada dua brand besar yang dapat memertahankan pangsa pasar komputer tablet besutannya, bahkan cenderung meningkat meski hanya sedikit. Kedua brand tersebut adalah Apple dan Huawei.

Pada Oktober lalu, Apple mencatatkan angka kenaikan 0,9 persen dibanding tahun sebelumnya. Selama 2018 ini, Apple berhasil mengapalkan 11,5 juta unit tablet di pasar global.

https://tekno.kompas.com/read/2018/12/24/08030057/apple-siapkan-ipad-mini-5-dan-ipad-10-inci

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke