Salin Artikel

Pangsa Pasar Facebook Menurun, Media Sosial Lain Menanjak

Secara global, jumlah pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg itu mencapai ksaran 2,27 miliar, terhitung hingga Oktober 2018 lalu. Artinya, hampir 30 persen dari populasi manusia di bumi masih aktif mengakses Facebook.

Dibanding platform media sosial lain seperti Twitter, Pinterest, YouTube, Instagram, Tumblr dan sebagainya, Facebook masih mendominasi hingga saat ini.

Namun dominasi tersebut agaknya semakin menurun. Berdasarkan laporan Statcounter, pangsa pasar Facebook di ranah media sosial secara global sebenarnya ambles dari 75,5 persen pada Desember 2017 ke angka 66,3 persen pada Desember 2018.

Pada bulan Desember 2018, pangsa pasar Pinterest mencapai 16,3 persen, Twitter 8,2 persen, YouTube 4,8 persen, dan Instagram 1,8 persen.

Bulan Juni 2018 menjadi titik terendah Facebook dengan pangsa pasar 63 persen, sementara media sosial lain terlihat ada peningkatan, seperti Pinterest 14,2 persen dan YouTube yang hampir mencapai 10 persen.

Disisir dari cakupan wilayah, penurunan paling tajam terjadi di Amerika Serikat. Kemungkinan skandal penyalahgunaan data pengguna yang terjadi berkali-kali sepanjang tahun 2018, sangat mempengaruhi pangsa pasar Facebook.

Di AS, pangsa Facebook turun dari 76 persen pada Desember 2017 menjadi 52 persen pada Desember 2018, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Forbes, Rabu (9/1/2019).

Di Negeri Paman Sam, Facebook harus bersaing dengan Pinterest yang menjadi media sosial terbesar kedua dengan pangsa pasar 28 persen dan Twitter 7,4 persen.

Selain di AS, Pinterest juga cukup populer di Eropa dan menjadi media sosial terbesar kedua. Sementara di wilayah Asia, YouTube dan Twitter secara berurutan menjadi yang terpopuler setelah Facebook. Di Afrika, Facebook bersaing dengan tingginya pengguna YouTube di sana.

https://tekno.kompas.com/read/2019/01/08/15110047/pangsa-pasar-facebook-menurun-media-sosial-lain-menanjak

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.