Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna WhatsApp di Semua Negara Hanya Bisa Teruskan Pesan 5 Kali

"Mulai hari ini, semua pengguna versi WhatsApp paling baru hanya bisa meneruskan pesan ke lima ruang obrolan dalam satu kali pengiriman, hal itu akan membuat WhatsApp tetap fokus pada pesan pribadi dengan kontak terdekat," jelas seorang perwakilan WhatsApp.

Mulanya, fitur ini hanya berlaku di India, dari maksimal pengiriman pesan ke 256 kontak, langsung turun drastis menjadi lima kontak saja. Sementara di saat yang sama, secara global baru berlaku maksimal 20 kontak.

Upaya itu dilakukan untuk menekan peredaran hoaks yang merajalela di India hingga menimbulkan keresahan sosial, bahkan hingga berujung pada pembunuhan.

Tak lama, fitur yang sama akan resmi menyambangi Indonesia mulai hari ini, Selasa (22/1/2019). Alasannya pun sama, yakni menekan peredaran hoaks yang semakin menjamur.

"Kami akan terus mendengar umpan balik tentang pengalaman pengguna, dan seiring waktu, kami akan mencari tahu cara baru untuk mengatasi konten viral," imbuh perwakilan WhatsApp.

WhatsApp mengatakan telah menguj coba fitur ini dalam enam bulan terakhir. Menurut WhatsApp, dirangkum KompasTekno dari Fortune, Selasa (22/1/2019), dalam masa uji coba enam bulan tersebut terjadi penurunan jumlah pesan berantai yang cukup drastis.

Dalam kesempatan berbeda, VP Public Policy & Communication WhatsApp Victoria Grad yang hadir dalam peluncuran pembatasan fitur "forward" di Indonesia mengatakan, ada penurunan sebanyak 20 persen sejak fitur tersebut diberlakukan sekitar bulan Juli atau Agustus 2018 lalu.

Pembaruan ini akan datang lebih dulu untuk pengguna Android, baru kemudian disusul pengguna iOS.

Meski ada pembaruan batasan, pesan yang telah diteruskan tetap akan dilabeli "Diteruskan", seperti sebelum ada pembaruan, sehingga penerima pesan tahu bahwa pesan tersebut bukan konten orisinil dari pengirim.

KompasTekno telah mendapatkan fitur ini dalam versi beta. Setelah pengirim pesan memilih lima kontak, baik kontak personal maupun grup, akan muncul pop-up yang memberitahu bahwa pengirim sudah mencapai batas maksimal lima kontak.

https://tekno.kompas.com/read/2019/01/22/10240087/pengguna-whatsapp-di-semua-negara-hanya-bisa-teruskan-pesan-5-kali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke