Salin Artikel

3 Game Mobile Baru Agate Studio Meluncur Tahun Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembuat game asal Indonesia, Agate Studio tengah mempersiapkan 3 game baru untuk platform mobile (smartphone). Game tersebut digadang-gadang bakal meluncur pada semester awal 2019.

Informasi ini disampaikan oleh Chief Marketing Officer Agate, Shieny Aprilia saat ditemui di sebuah acara peluncuran di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

"Tahun ini kita bakal launching tiga game mobile besar (andalan)," ujar Shieny.

Meski judulnya masih dirahasiakan, Shieny membeberkan sedikit bocoran terkait tiga game mobile ini.

Game pertama merupakan game yang dikembangkan dengan bentuk kerja sama dengan film. Shieny menambahkan game tersebut bakal membidik segmen pasar khusus, yakni gamer perempuan.

"Game ini kerja sama dengan film, target marketnya lebih ke cewek," kata Shieny.

Manajer e-sport

Untuk game kedua, Agate menyiapkan game simulasi yang memiliki tema industri game. Secara spesifik, game kedua ini berbentuk e-sport team management yang genre-nya simulasi.

Dengan kata lain, pemain nanti kemungkinan bakal jadi bos yang memimpin satu manajemen e-sport yang membawahi beberapa tim virtual. Game tersebut juga mungkin dibumbui dengan berbagai tantangan dan misi.

Robot fighting

Sementara untuk game ketiga, Agate menyiapkan game fighting yang karakternya berbentuk robot. Desain karakter di game bertarung ini juga dibuat oleh tim Agate sendiri, artinya tidak diadaptasi dari karakter di media lain.

Untuk peluncurannya sendiri, game pertama dijadwalkan soft-launching bulan depan. Sementara game kedua dan ketiga diperkirakan bakal meluncur di semester pertama tahun ini.

Kendati demikian, Agate hanya akan merilis ketiga game ini pada perangkat berbasis Android terlebih dahulu. Belum jelas kapan game tersebut bakal tersedia di perangkat berbasis iOS.

"Untuk (tiga game ini) Android dulu, untuk iOS belum," ujar Shieny.

Bagaimana dengan konsol?

Untuk game konsol, Agate mengatakan tak ada yang bakal dirilis pada tahun ini. Agate tak merilis game konsol tahun ini lantaran pengembangan game konsol sendiri bisa memakan waktu hingga 3 tahun lebih.

"Untuk tahun ini belum ada, mungkin tiga tahun kemudian bakal rilis (game konsol) lagi," sebut Shieny.

Tahun lalu, Agate sendiri sempat merilis game konsol dengan genre RPG-simulasi bertajuk Valthirian Arc: Hero School Story (VA:HSS).

Game tersebut baru diluncurkan akhir September 2018, setelah tiga tahun (dari tahun 2016) digarap oleh Agate bersama publisher asal Inggris, PQube. VA:HSS tersedia untuk konsol game Nintendo Switch, PlayStation 4, dan Steam (PC).

Selain merupakan game Indonesia pertama yang berbentuk Blu-ray PS4, game tersebut juga menempati peringkat dua "New Releases" di platform Steam, untuk regional Inggris pada November 2018 silam.

https://tekno.kompas.com/read/2019/01/31/09030017/3-game-mobile-baru-agate-studio-meluncur-tahun-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.