Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2019, Industri Indonesia Diprediksi Belanja Rp 465 Triliun untuk ICT

Menurut IDC, hal ini dikarenakan sektor ICT akan menjadi tren kunci dalam beberapa tahun ke depan.

Head of Operation IDC Indonesia, Mevira Munindra mengatakan secara keseluruhan diperkirakan total pengeluaran yang dihabiskan pelaku bisnis di Indonesia untuk investasi dalam bidang ICT akan mencapai 465 triliun rupiah.

Angka ini meningkat dari tahun 2018 yang mencapai 443 triliun rupiah.

"Market akan banyak sekali 'spending' untuk ICT. Dalam dua sampai tiga tahun ke depan, para pemimpin organisasi perlu melihat dan mempertimbangkan proses pengambilan keputusan dalam ekosistem digital," ungkap Mevira.

"Terutama untuk pelaku enterprise, pengeluaran untuk ICT ini akan didominasi oleh hardware. Kemudian disusul oleh cloud storage dan services,” ujar Mevira.

"Services di sini seperti konsultan, human resource, dan lain-lain karena untuk menggunakan teknologi di bidang ICT, para pelaku bisnis ini membutuhkan bantuan pihak lain," lanjutnya.

Selain itu, Mevira juga menambahkan ada beberapa tren teknologi yang diramalkan bakal meramaikan dunia bisnis di Indonesia.

Seperti misalnya edge computing, artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), serta lainnya yang dapat memicu pertumbuhan ekonomi digital.

"AI dan IoT bisa menjadi model bisnis yang baru. Perubahan ini tak hanya akan berlangsung selama 5 sampai 10 tahun. Ke depannya, digitalisasi akan masuk dalam hal lain, seperti pengambangan bisnis yang sekarang tengah berkembang," pungkasnya.

https://tekno.kompas.com/read/2019/01/31/14390047/-2019-industri-indonesia-diprediksi-belanja-rp-465-triliun-untuk-ict

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke