Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xperia 1, Ponsel Jangkung untuk "Multi-tasking"

Desain jangkung bertujuan memudahkan pengguna melakukan banyak aktivitas sekaligus (multi-tasking) di smartphone.

Diketahui, hampir semua aplikasi ponsel saat ini formatnya tersusun vertikal (vertical lists), artinya pengguna harus menggeser ke bawah untuk melihat konten dalam aplikasi tersebut. Misalnya ketika menelusuri linimasa Instagram, membuka e-mail, dan sebagainya.

Oleh karena itu, dengan desain "jangkung" ini, Xperia 1 bisa digunakan untuk membaca atau menelusuri lebih banyak informasi dibandingkan layar yang sekadar 18:9. Apalagi, Sony juga punya fitur "Pair" untuk membuka dua aplikasi secara bersamaan.

Pengalaman bermain game atau sekadar menonton video HDR pun dijamin lebih mantap. Pasalnya, kebanyakan film disebarkan dalam format cinematic yang lebih memanjang. Rasio 21:9 diklaim lebih apik untuk format tersebut.

Jenis layar yang digunakan Xperia 1 adalah OLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi 4K (3.840 x 1.644 piksel) yang mendukung fitur HDR.

Pada aspek fotografi, Xperia 1 dibekali dengan tiga kamera di punggungnya dan satu kamera di bagian depannya.

Tiga kamera belakang tersebut masing-masing beresolusi 12 MP (wide sensor, bukaan f/1.6, OIS, Dual Pixel), 12 MP (telephoto sensor, bukaan f/2.4, OIS, Dual Pixel), dan 12 MP (ultra-wide sensor, f/2.4). Kamera selfie-nya beresolusi 8 megapiksel dengan bukaan f/2.0.

Performa Xperia 1 disokong chipset Snapdragon 855 serta dipadukan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB yang bisa diperluas hingga 512 GB dengan memanfaatkan slot microSD.

Xperia 1 memiliki sensor pemindai sidik jari yang diletakkan di sisi bingkai ponsel. Baterainya berkapasitas 3.330 mAh, dengan dukungan pengisian daya cepat (fast charging) hingga 18W dan pengisian daya nirkabel (wireless charging).

Xperia 1 juga dibekali dua speaker (bagian bawah dan bagian atas ponsel) yang bisa menghasilkan suara stereo dari teknologi Dolby Atmos.

Ada pula fitur Game Enchancer untuk meningkatkan performa ponsel pada aspek gaming dan secara bersamaan mengoptimasi ponsel untuk menghemat baterai.

Di segi ketahanan, Xperia 1 memiliki sertifikasi IP68 waterproof, artinya ponsel tersebut tahan ketika dicelupkan ke air dengan kedalaman maksimal 1,5 meter selama 30 menit. Bagian depan dan belakang ponsel juga dilindungi Gorilla Glass 6.

Meski telah diperkenalkan, belum diketahui pasti harga dan ketersediaan Xperia 1 di pasaran. Desas-desus yang beredar menyebut Xperia 1 meluncur pada akhir musim semi tahun ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Selasa (26/2/2019). Kita tunggu saja!

https://tekno.kompas.com/read/2019/02/26/16130097/xperia-1-ponsel-jangkung-untuk-multi-tasking-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke