Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Redmi Note 7 Hancur Berantakan Ketika Dibengkokkan

Melalui beberapa video yang beredar, Redmi Note 7 terlihat perkasa meski dilempar atau dihantam benda tumpul. Salah satu video bahkan menampilkan salah satu petinggi Xiaomi, Lin Bin yang mencoba memecahkan buah kenari menggunakan Redmi Note 7.

Ada pula video yang menampilkan Bin melempar Redmi Note 7 dari tangga yang terlindung dengan keranjang sampah dan masih tampak baik-baik saja secara fisik.

Namun, hasil yang berbeda terlihat jelas dari video bikinan Zack Nelson di kanal YouTube Jerry Rig Everything yang mendapati Redmi Note 7 babak belur setelah melalui beberapa tahap penyiksaan.

Di tahap awal, yakni uji gores layar dengan pisau, Redmi Note 7 lolos kualifikasi. Layar berbentang 6,3 inci itu baru tergores saat menghadapi benda tajam dengan skala kekerasan 7 (Mohs).

Masih dengan pisau, Nelson kemudian menggores grill speaker di atas takik kecil (teardrop screen) yang digunakan sebagai rumah kamera depan.

Awalnya, speaker tersebut aman, tapi ketika ia memberi tekanan pada goresan, tampak lapisan plastik terkelupas dari bingkai tipis di atasnya.

"Bukan masalah besar sebetulnya, semua akan rusak pada waktunya, tapi beberapa bagian akan cepat rusak dibanding bagian lain," ujarnya sembari lanjut mengerik bagian laci kartu SIM.

Hal yang sama pun terjadi. Lapisan plastik yang membungkus slot kartu SIM terkelupas. Nelson menganggap hal ini cukup jarang terjadi, sebab kebanyakan vendor melapisi bagian ini dengan bahan metal.

Ia pun menggores sisi bingkai lain tempat terpatrinya tombol daya dan volume. Lagi-lagi, lapisan plastik yang membungkus bagian tersebut terkelupas dengan mudah.

"Saya rasa tema besar dari Redmi Note 7 adalah bahan plastik," sindir Nelson.

Namun, menurut dia hal itu wajar karena dengan bahan plastik, harga murah yang dipatok menjadi masuk akal. Ia melanjutkan mengikir bagian bawah di mana port USB dan lubang speaker berjajar.

Hasilnya tak jauh berbeda, mudah saja bingkai itu terkelupas saat dikerik dengan pisau. Kendati demikian, Redmi Note 7 tak sepenuhnya buruk. Ada bagian kecil yang cukup disukai Nelson, yakni saat panel pemindai sidik jari tidak tergores sama sekali.

LED flash dan modul kamera juga terbilang aman. Secara keseluruhan, bagian punggung Redmi Note yang diklaim berlapis kaca tidak meninggalkan goresan saat dikikir.

Plastik agar murah, tapi tidak kuat

Redmi mengklaim melindungi sisi layar dan punggung dengan Gorilla Glass 5 sehingga meminimalisir goresan. Tapi bagaimana jika layar dibakar?

Hasilnya, noda hitam yang cukup besar muncul setelah Nelson menyodorkan korek api ke layar selama sembilan detik.

Untungnya noda itu cepat menghilang dan sensor layar sentuh tetap berfungsi normal. Nelson kemudian meningkatkan level pengujian dengan membengkokkan perangkat malang tersebut.

"Dengan bingkai berbahan plastik, saya ragu akan kekuatanya," akunya sebelum mulai menekuk Redmi Note 7.

Dugaannya pun terbukti, Redmi Note 7 tampak bengkok meski belum muncul retakan atau goresan. Saat ditekuk ke arah berlawanan, nahas, suara retak terdengar dari bingkai samping, tepatnya dari tombol daya dan laci kartu SIM yang tampak mulai patah.

Kendati demikian, ponsel ini masih bisa dioperasikan, fitur sensor layar sentuh masih aman. Namun, hal itu tidak berlangsung lama. Ketika Jerry membengkokan lagi ke arah berlawanan, bingkai kanan dan kiri semakin retak.

Tak cuma itu, layar IPS LCD ikut retak disertai noda hitam besar yang muncul di atas layar. Alhasil, sensor layar sentuh mengalami malfungsi dan layar tidak bisa dioperasikan.

Ia pun membengkokanya sekali lagi. Kali ini Redmi Note 7 benar-benar hancur di muka dan punggung. Tombol daya dan slot kartu SIM patah sementara punggung kaca mengalami keretakan yang parah.

Ketika cangkang belakang dibuka, ditemukan logam berpori dan perekat yang menghubungkan antara cangkang dan bingkai plastik.

"Xiaomi lebih memilih bahan plastik ketimbang logam untuk menjaga harga tetap murah. Tapi sayangnya hal itu membuat bengkok tak terhindarkan," ujar Nelson

Dia mengingatkan bahwa ini tidak menjadi masalah serius apabila perangkat digunakan secara normal sehari-hari, bukan untuk disiksa semacam itu.

Pengguna bisa mengakalinya dengan memberikan perlindungan ekstra pada layar dan punggung Redmi Note 7menggunakan perlindungan ekstra, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Gizmo China, Kamis (28/2/2019).

Video penyiksaan Redmi Note 7 oleh Zack Nelson dari JerryRigEverything bisa disimak di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2019/02/28/20370007/redmi-note-7-hancur-berantakan-ketika-dibengkokkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke