Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

XL Targetkan 92 Persen Pelanggannya Dapat Sinyal 4G Tahun Ini

Hal tersebut diungkap oleh Direktur Jaringan XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam pembukaan "Pojok Pintar Sisternet" di kantor Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Jakarta Pusat, Senin (4/3/2019).

"Akhir tahun 2018 itu ada sekitar 85 atau 86 persen populasi yang sudah tercakup 4G. Tahun ini targetnya 92 persen populasi tercakup 4G," ujar Yessie.

Saat ini, XL mengklaim jumlah pelanggannya mencapai 54,9 juta pengguna. Mengenai target jumlah pengguna tahun ini, Yessie masih enggan mengungkapkan.

Ia berujar bahwa tahun ini, XL masih akan fokus ekspansi jaringan ke wilayah luar Pulau Jawa dengan memanfaatkan Palapa Ring yang pembangunannya hampir rampung.

Di Palapa Ring Barat, Yessie mengatakan bahwa XL baru saja membuka jaringan 4G di Kepulasuan Anambas dan Kepulauan Natuna bulan Februari lalu.

"Jadi di sana sudah ada akses data kita," ujarnya.

Ia pun mengatakan sedang mendisuksikan rencana ekspansi di wilayah Palapa Ring Tengah, namun enggan membeberkan secara spesifik wilayah mana yang akan ditargetkan.

"Sudah ada rencana untuk wilayah tengah, begitu aktif, kita langsung ambil yang tengah. Palapa Ring Timur, kita liat dulu jadinya sampe mana baru kita perhitungkan," jelasnya.

Untuk mewujudkan target ekspansi jaringan, XL telah mengalokasikan modal sebesar Rp 7,5 triliun tahun ini.

"Capex (capital expenditure) tahun 2018 ada 7 triliun. Tahun ini 7,5 triliun untuk ekspansi jaringan 92 persen," terang Yessie.

Saat ini, jaringan XL Axiata mencakup 400 kota/kabupaten dengan jumlah hampir 30.000 BTS 4G hingga akhir tahun 2018. Sementara itu, jaringan 3G ditopang lebih dari 51.000 BTS.
Jumlah total BTS milik XL Axiata saat ini diklaim mencapai 118.000 BTS.

https://tekno.kompas.com/read/2019/03/04/17574517/xl-targetkan-92-persen-pelanggannya-dapat-sinyal-4g-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke