Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook dan Instagram "Down", Pengguna Laporkan "Error"

Para pengguna mengatakan mereka mengalami kendala saat mengirim pesan menggunakan Messenger, mem-posting konten di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Bahkan, menurut sejumlah pengguna, fitur-fitur utama, seperti Instagram Stories, direct message, dan tombol untuk memublikasi konten baru, juga tidak bisa digunakan.

Gangguan ini terjadi pada Kamis (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu AS.

Facebook dan Instagram error ini masih terjadi dan dikeluhkan sejumlah pengguna hingga berita diturunkan, Kamis pukul 07.00.

Melalui akun Twitternya, Facebook sendiri belum menjelaskan penyebab gangguan, tetapi mereka mengonfirmasi bahwa gangguan ini bukan disebabkan oleh adanya serangan DDoS.

"Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah untuk mengakses kumpulan aplikasi milik Facebook. Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin," tulis Facebook.

"Kami fokus untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, tapi kami bisa memastikan bahwa gangguan ini tidak disebabkan oleh adanya serangan DDoS," lanjut mereka.

Akun media sosial Instagram pun menuliskan adanya masalah di layanan mereka dan berjanji mengatasinya secepat mungkin.

Menurut halaman DownDetector, gangguan ini dimulai dari wilayah Amerika Serikat yang kemudian merambah ke wilayah Eropa dan Australia. DownDetector mencatat bahwa wilayah Brazil mengalami gangguan yang paling parah.

Indonesia terdampak

Khusus untuk layanan Instagram dan Facebook, Indonesia juga disinyalir terkena dampak dari masalah ini.

KompasTekno mencoba menggunakan beberapa akun dan terjadi sejumlah masalah yang berbeda-beda. Masalah yang muncul seperti hilangnya tombol pada akun Instagram, tidak bisa mem-posting Instagram Stories dan muncul tulisan "couldn't refresh feed".

Sementara untuk layanan Messenger dan WhatsApp, KompasTekno belum menemukan adanya masalah. Meski demikian, sejumlah pengguna lain melaporkan mendapatkan masalah saat mengirim foto atau dokumen di WhatsApp.

Gangguan seperti ini sejatinya juga pernah terjadi pada 2017. Ketika itu sejumlah pengguna melaporkan tidak dapat mengakses aplikasi dan tak dapat berkirim pesan satu sama lain.

Update, Kamis pukul 12.30 WIB: Facebook, Instagram, dan WhatsApp Mulai Pulih Setelah Error Hari Ini

https://tekno.kompas.com/read/2019/03/14/07291207/facebook-dan-instagram-down-pengguna-laporkan-error

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke