Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mozilla Luncurkan Browser Firefox Khusus iPad

Peramban khusus tablet besutan Apple itu diluncurkan sebagai upaya Mozilla untuk mempermudah pemilik iPad dalam menjelajah web.

"Kami tahu iPad bukan hanya sekadar versi besar dari iPhone," ujar pihak Mozilla dalam keterangan tertulis di blog resmi mereka.

"(Oleh karena itu), kami meluncurkan Firefox versi iPad dan dibuat secara khusus untuk digunakan di tablet," imbuhnya.

Untuk menunjang aktivitas berselancar di dunia maya dengan perangkat iPad, ada beberapa fitur yang hanya akan ditemukan di Firefox versi tablet ini.

Pertama-tama, Firefox versi iPad ini sudah mendukung fitur split screen dari Apple. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan aplikasi Firefox bersamaan dengan aplikasi lain, misal Google Maps.

Dengan begitu, pengguna iPad tidak perlu lagi berpindah-pindah aplikasi ketika ingin bernavigasi menggunakan Google Maps dan mencari informasi di situs lewat peramban Firefox, misalnya.

Peramban khusus iPad ini juga dibekali dengan fitur tab management dengan tampilan deretan tab ala tiles atau kotak.

Biasanya, deretan tab akan ditampilkan secara berbaris di bagian atas peramban. Namun, di Firefox iPad ini, tab akan berbentuk tiles dilengkapi dengan gambar pratinjau yang bisa pengguna manfaatkan untuk mengintip secara sekilas apa isi situs tersebut.

Ada juga fitur Sent Tabs, yang berfungsi untuk mengirim tab yang sedang dibuka ke perangkat lain. Perlu dicatat, untuk menggunakan fitur Sent Tabs, pengguna diharuskan memiliki akun Firefox.

Ada pula fitur Private Browsing Mode, guna menjelajah internet secara terselubung, mirip mode Incognito di peramban Google Chrome. Mode ini bisa diaktifkan dengan mengklik ikon "topeng" di bagian bawah kiri jendela Firefox.

Fitur lainnya mencakup dukungan membuka e-mail dari Outlook iOS lewat Firefox secara default, beberapa shortcut Firefox untuk menunjang kegiatan menjelajah web, tampilan dark mode, dan fitur Tracking Protection untuk melindungi pengguna dari situs yang melacak lokasi.

Untuk ketersediaannya, Firefox khusus iPad ini sudah bisa diunduh di App Store, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DigitalTrends, Senin (25/3/2019).

https://tekno.kompas.com/read/2019/03/25/15560007/mozilla-luncurkan-browser-firefox-khusus-ipad

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke