Salin Artikel

Telegram Sudah Bisa Hapus Pesan Tanpa Batas Waktu, Begini Caranya

KOMPAS.com - Telegram mendatangkan fitur terbaru yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus isi pesan dari sisi pengirim maupun penerima secara instan tanpa batas waktu.
 
Sebelumnya, pengguna hanya bisa menghapus pesan yang hanya dikirim saja. Itupun hanya untuk pesan yang baru berumur kurang dari 48 jam. 
 
Cara menghapus pesan di Telegram sendiri sangat mudah. Pengguna cukup tekan pesan yang ingin dihapus selama beberapa detik kemudian pilih ikon "tong sampah" di pojok kanan atas jendela percakapan, sebagaimana tampak pada ilustrasi gambar di bawah (gambar 1).

Caranya cukup buka percakapan dengan seseorang yang isi pesannya ingin di hapus, kemudian pilih ikon "tiga dot" pada pojok kanan atas jendela percakapan dan pilih opsi "Clear history", seperti ilustrasi (2) di atas.

 
Setelah itu,  akan muncul jendela konfirmasi penghapusan riwayat percakapan. Untuk menghapus seluruh isi percakapan dari kedua sisi, centang kotak " Also clear history for (nama teman chatting)" yang bisa dilihat di gambar (3) dan klik tombol "Clear History".
 
Fitur lainnya mencakup "anonymous forwarding", pengaturan untuk menyembunyikan foto profil pengguna, fitur pencarian di menu " Settings", fitur pencari emoji (khusus Android), dan fitur gestur VoiceOver (iOS)/TalkBack (Android).

https://tekno.kompas.com/read/2019/03/27/14420087/telegram-sudah-bisa-hapus-pesan-tanpa-batas-waktu-begini-caranya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.