Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nama Akun PlayStation ID Kini Bisa Diubah, Begini Caranya

KOMPAS.com - Setelah diuji coba tahun lalu melalui PlayStation Preview Program, Sony akhirnya meresmikan fitur penggantian nama gamer (ID) di PlayStation Network (PSN).

Penggantian ID PSN ini merupakan fitur yang ditunggu-tunggu sejak lama oleh gamer yang berada di bawah naungan platform PSN.

Bagi yang belum tahu, PSN adalah layanan distribusi konten dan online gaming besutan Sony yang pertama kali dibuat untuk mendukung konsol game PlayStation 3, lalu berlanjut hingga PlayStation 4.

Sebelumnya, pengguna tak bisa mengubah ID mereka sesaat mendaftar akun PSN. Nama akun yang terdaftar itu bersifat permanen dan tidak bisa diubah-ubah.

Penggantian nama sendiri bisa dilakukan lewat konsol PS3 atau PS4, maupun peramban di PC dengan mengunjungi situs PSN.

Untuk menggantinya melalui PS4, pengguna cukup pergi ke menu Settings > Account Management > Account Information > Profile > Online ID.

Setelah itu, masukkan nama ID baru atau pilih dari salah satu rekomendasi yang diberikan oleh PSN. Kemudian, untuk menyelesaikan proses penggantian nama, ikuti proses selanjutnya sampai akhir sehingga ID berubah.

Berbayar

Perlu dicatat, penggantian nama ini tidak gratis. Pengguna diharuskan membayar pengguna diharuskan membayar 10 dollar AS (Rp 141.000) atau 5 dollar AS (Rp 70.000) untuk anggota PlayStation Plus. Meski begitu, Sony tetap menggratiskan penggantian ID untuk pertama kali.

Ketika ID pengguna PSN diganti, mereka tak perlu khawatir teman mereka di PSN tidak mengenali ID tersebut. Sebab, setelah mengubah ID, Sony memberi waktu selama 30 hari untuk menampilkan ID lama bersama dengan ID baru.

Dengan begitu, teman-teman bermain di jaringan PSN tetap mengenali ID tersebut.

Meski sudah diresmikan dan berbayar, Sony mengatakan tidak semua game mendukung ID yang berganti-ganti. Seperti diketahui, biasanya sebuah game menyimpan elemen dalam game seperti data progress game serta achievement dan trophy dalam satu ID.

Nah, jika ID diganti, kemungkinan data progress game akan terhapus. Untuk mengantisipasi itu, pengguna sebaiknya melihat daftar game yang mendukung perubahan ID dan telah diuji coba Sony di tautan berikut ini.

Kendati begitu, Sony mengklaim game yang dirilis setelah 1 April 2018 seharusnya sudah mendukung fitur pergantian username PlayStation ID ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SlashGear, Kamis (11/4/2019).

Untuk lebih jelasnya, pengguna bisa mengunjungi daftar pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ) di blog PlayStation berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2019/04/11/16040027/nama-akun-playstation-id-kini-bisa-diubah-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke