Salin Artikel

WhatsApp dan Instagram Sudah Tiga Kali Tumbang Berbarengan Tahun Ini

KOMPAS.com - Pada Minggu (14/4/2019) sekitar pukul 17.30 kemarin, tiga layanan yang dimiliki Facebook Inc yakni WhatsApp, Instagram dan media sosial Facebook kembali mengalami gangguan secara serentak.

Ketiga layanan yang bernaung di bawah payung besar Facebook ini tumbang selama lebih dari 2 jam sebelum kemudian berangsur kembali normal.

Bagi Facebook Inc., ini adalah ketiga kalinya gangguan besar terjadi selama 2019. Gangguan pertama terjadi pada bulan Januari lalu. Kala itu, aplikasi Instagram dan WhatsApp tidak dapat digunakan di sejumlah wilayah dunia.

Gangguan layanan kembali terjadi pada Maret lalu, saat Facebook, WhatsApp dan Instagram down bersamaan. Pengguna melaporkan bahwa mereka sama sekali tidak bisa menggunakan ketiga platform tersebut untuk berkomunikasi.

Error kedua pada bulan Maret berlangsung selama lebih dari enam jam, dimulai pada Kamis (14/3/2019) dini hari waktu Indonesia atau pukul 13.00 waktu AS.

Gangguan yang terjadi pada Maret lalu merupakan gangguan terbesar yang terjadi karena menimpa tiga layanan sekaligus dan berlangsung dalam waktu yang relatif lama. 

Sempat disangka sebagai akibat serangan hacker oleh publik, pihak Facebook segera menerangkan bahwa gangguan terjadi akibat kesalahan "konfigurasi sistem server".

Minta maaf

Dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Senin (15/4/2019), gangguan yang terjadi pada Minggu kemarin adalah yang ketiga kalinya. Menurut halaman Downdetector, Facebook, WhatsApp dan Instagram mati total di wilayah Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Para pengguna, yang menggunakan perangkat Android dan iOS, melaporkan kesulitan mengakses halaman utama Facebook, bahkan tak sedikit pengguna yang tidak bisa sama sekali masuk pada halaman ini.

Sementara untuk layanan WhatsApp, KompasTekno juga sempat mengalami kesulitan dalam mengirim maupun menerima pesan. Panggilan suara dan video pun tidak bisa dilakukan.

Atas terjadinya gangguan ini, juru bicara Facebook melayangkan permohonan maaf pada para pengguna.

"Sebelumnya, hari ini, beberapa orang mungkin mengalami masalah saat ingin terhubung ke aplikasi. Masalahnya kini telah diatasi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," kata juru bicara Facebook.

Kendati demikian, pihak Facebook belum memberi keterangan resmi terkait penyebab terjadinya gangguan.

https://tekno.kompas.com/read/2019/04/15/12490077/whatsapp-dan-instagram-sudah-tiga-kali-tumbang-berbarengan-tahun-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.