Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sony Ungkap Spesifikasi PS5, Bisa 8K dan Mainkan Game PS4

Mark Cerny, salah seorang eksekutif Sony yang bertanggung jawab merancang mesin PS4, mengungkap spesifikasi kunci konsol PlayStation 5. Menurut Cerny dalam sebuah wawancara dengan Wired, PS5 bakal diotaki prosesor AMD Ryzen generasi ketiga.

Lantaran menggunakan prosesor dengan arsitektur serupa dengan PS4 sebelumnya, PS5 pun bisa menjalankan aneka game yang dibuat untuk PS4. Bukan hanya itu, kinerja game PS4 juga akan meningkat ketika berjalan di PS5.

Cerny sempat mendemonstrasikan game Spiderman yang membutuhkan waktu loading 15 detik di PS4 Pro. Dia kemudian menjalankan game yang sama di sebuah perangkat developer kit PS5. Waktu loading berkurang drastis menjadi hanya 0,8 detik.

Ini karena PS5 dibekali dengan media penyimpanan Solid State Drive (SSD) yang dirancang khusus untuk PS5 alih-alih harddisk konvensional di PS4. Cerny sendiri belum menyebutkan sang konsol sebagai "PlayStation 5". Nama tersebut baru sekadar prediksi publik.

Prosesor Ryzen di jantung PS5 dibuat menggunakan fabrikasi 7nm. Ada juga pengolah grafis (GPU) AMD Radeon Navi. Kombinasi dua komponen ini, ditambah SSD, bakal jauh meningkatkan kinerja PS5 dibanding PS4 dan segala variannya.

Aneka fitur baru juga dihadirkan oleh komponen-komponen anyar PS5, termasuk dukungan ray tracing untuk efek pencahayaan realistis dan kemampuan resolusi 8K, seperti dirangkum KompasTekno dari Wired, Kamis (18/4/2019).

Sektor audio pun tak luput diperbarui dan di PS5 ditangani oleh prosesor khusus suara yang juga dibuat oleh AMD. Cerny menjanjikan kualitas audio PS5 akan meningkat jauh dibanding PS4 sebelumnya.

Pengembangan PS5 sendiri kini masih berada di tahap uji coba oleh para pengembang game lewat perangkat developer kit. Belum dijelaskan kapan sang konsol game baru dari Sony akan dilepas ke pasaran.

https://tekno.kompas.com/read/2019/04/18/12100047/sony-ungkap-spesifikasi-ps5-bisa-8k-dan-mainkan-game-ps4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke