Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone 11 Bakal Lebih Kencang dari MacBook Pro

Hal tersebut diutarakan oleh Jason Cross seorang penulis dari Macworld. Menurut Jason, performa tersebut diperoleh dari penggunaan chip A13 yang akan dibenamkan pada iPhone teranyar.

Meski belum banyak informasi yang diketahui dari chip A13, Jason menduga bahwa chip ini akan tetap dibuat dengan fabrikasi 7nm, serupa dengan chip sebelumnya.

Namun adanya teknologi Extreme Ultraviolet Lithography (EUV) pada chip A13, membuat chip ini dapat menampung 20 persen sirkuit lebih banyak di area yang sama.

Kemudian jika ukurannya diperbesar, chip A13 ini akan serupa dengan chip yang digunakan pada iPad Pro.

"Saat saya berharap A13 memiliki jumlah transistor yang hampir sama dengan A12X, saya tidak berpikir Apple akan menghabiskan anggaran transistornya dengan cara yang sama yakni menggandakan CPU dengan daya tinggi dari 2 menjadi 4," kata Jason.

"Sebaliknya, saya menduga Apple akan terus memiliki dua core CPU kinerja tinggi dan empat core hemat energi, di luar peluang untuk meningkatkan jumlah core berkinerja tinggi dari 2 menjadi 3," lanjutnya.

Selain itu, Jason juga memprediksi Appkle akan membuat beberapa penyesuaian arsitektur dan kecepatan clock yang lebih baik untuk mendongkrak kinerja CPU.

Dikutip KompasTekno dari 9to5mac, Sabtu (20/4/2019), hasilnya dengan konfigurasi ini, Jason meramalkan angka pengujian CPU untuk single-core iPhone 11 dapat mencapai angka sekitar 5.200 poin.

Angka ini bahkan mendekati hasil pengujian Macbook Pro keluaran 2018 dengan poin 5.317.

Sementara untuk hasil pengujian multi-core perangkat ini diramalkan akan mendapat poin sebanyak 15.000 hingga 16.000. Jason juga menilai bahwa chip A13 ini akan lebih cepat ketimbang chip terbaru milik Qualcomm yakni Snapdragon 855.

https://tekno.kompas.com/read/2019/04/20/14150097/iphone-11-bakal-lebih-kencang-dari-macbook-pro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke