Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ericsson: Jaringan 5G Bisa Bikin Operator Hemat 10 Kali Lipat

Bahkan, penyedia perangkat telekomunikasi asal Swedia, Ericsson, meramalkan operator bisa memangkas biaya hingga 10 kali lipat  untuk setiap 1 GB data, jika menggunakan teknologi 5G.

Hal tersebut disampaikan oleh Head of Ericsson Indonesia Jerry Soper dalam acara bertajuk Barcelona Unboxed di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2019).

"Harga per 1 GB akan lebih rendah. Di situlah 5G akan melakukan perannya. Dengan 5G (operator) akan semakin efisien karena lebih smart termasuk peralatannya, dan cost akan lebih kecil," kata Jerry.

Menurut Jerry, salah satu kondisi yang tengah dihadapi oleh operator seluler saat ini adalah meningkatnya pertumbuhan lalu lintas data (traffic) dan penggunaan kuota data.

Saat 5G dapat diimplementasikan, maka ongkos yang harus dikeluarkan oleh setiap operator akan jauh lebih rendah.

Dengan begitu, imbuh Jerry, operator bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Ia pun meramalkan bahwa operator akan mendapat tambahan pendapatan sebesar 30 persen dari 5G pada tahun 2026 mendatang.

"Bagi Indonesia, operator dapat memperoleh tambahan pendapatan 30 persen dari peluang pasar yang mendukung 5G di 2026. Ini bisa mencapai sekitar 6 miliar dollar AS," lanjutnya.

Jerry juga memproyeksikan lalu lintas data internet secara global akan naik sebesar 25 persen pada 2024 sebagai efek dari adopsi 5G.  Artinya, peluang 5G untuk mendominasi teknologi komunikasi di dunia sangat besar.

"Trafik 5G di dunia akan lebih besar dari trafik keseluruhan hari ini," imbuhnya.

Jerry sendiri optimis teknologi 5G ini akan membawa dampak yang signifikan untuk Indonesia. Nantinya, operator yang telah menyediakan jaringan 4G akan dapat bermigrasi ke jaringan 5G dengan lancar.

Jaringan 5G pertama kali digelar secara komersil di Korea Selatan beberapa waktu lalu. Beberapa operator di Indonesia pun telah menguji coba penggunaan jaringan ini dalam sebuah wilayah terbatas.

https://tekno.kompas.com/read/2019/04/25/16430017/ericsson-jaringan-5g-bisa-bikin-operator-hemat-10-kali-lipat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke