Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Perkenalkan Sensor Kamera 64 Megapiksel, Untuk Galaxy Note 10?

Produk bernama ISOCELL Bright GW1 itu merupakan sensor kamera smartphone pertama didunia yang memiliki resolusi setinggi 64 megapiksel. Pada saat bersamaan, Samsung juga mengumumkan sensor kamera 48 megapiksel ISOCELL Bright GM2.

"Dengan piksel yang semakin banyak dan teknologi lebih mutakhir, Samsung ISOCELL Bright GW1 dan GM2 akan membawa fotografi ke tingkatan baru," ujar Yongin Park, Executive Vice President Samsung, dalam keterangan di situs Samsung.

Sensor Bright GW1 64 megapiksel menggunakan teknologi tetra cell (pixel binning) untuk mengoptimalkan tangkapan gambar di kondisi minim cahaya.

Tiap empat piksel digabungkan menjadi satu untuk memperluas area penangkapan cahaya sehingga foto hasil akhirnya beresolusi 16 megapiksel.

Dalam kondisi cukup cahaya, Bright GW1 memiliki algoritma remosaic untuk memungkinkan penjepratan foto dengan resolusi penuh sebesar 64 megapiksel, dengan tujuan meningkatkan tangkapan detil setinggi mungkin.

Seperti Bright GW1 64 megapiksel, sensor Bright GM2 48 megapiksel juga dibekali teknologi tetra cell dan remosaic. Kedua sensor kamera ponsel ini turut mendukung Dual Conversion Gain untuk meningkatkan dynamic range dan autofokus Super PD (phase detect).

Samsung mengatakan sensor kamera Bright GW1 64 megapiksel dan Bright GM2 48 megapiksel besutannya akan mulai diproduksi pada paruh kedua tahun ini.

Beredar spekulasi bahwa salah satu dari dua sensor anyar tersebut bakal digunakan di ponsel Galaxy Note 10 yang diperkirakan hadir sekitar pertengahan 2019, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari UberGizmo, Senin (13/5/2019).

Samsung Galaxy Note 10 kabarnya akan dibekali empat kamera di punggung, seperti Galaxy S10 5G. Bisa jadi ada di antara keempat kamera itu yang memiliki resolusi 64 megapiksel.

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/13/11580037/samsung-perkenalkan-sensor-kamera-64-megapiksel-untuk-galaxy-note-10-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke