Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pixel 3a dan 3a XL Dilaporkan Sering Mati Mendadak

Di forum online seperti laman support milik Google, sejumlah Pixel 3a dan Pixel 3a XL mengeluhkan perangkatnya bisa tiba-tiba mati tanpa sebab yang jelas, meski ponsel dalam keadaan sedang tidak digunakan.

Setelah mati mendadak, Pixel 3a dan Pixel 3a XL tidak bisa langsung dinyalakan kembali. Pengguna harus menekan tombol power selama 30 detik untuk melakukan hard reset pada ponsel Pixel mereka terlebih dahulu.

Solusi ini pun bisa dibilang hanya bersifat sementara. Sebab, pengguna bisa dilanda masalah yang sama di waktu yang akan datang selagi penyebabnya belum diperbaiki.

Lalu apa alasan Pixel 3a dan Pixel 3a XL mati mendadak? Awalnya diduga kejadian itu dipicu aplikasi pihak ketiga yang bermasalah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Rabu (22/5/2019).

Namun, ketika dicoba masuk safe mode yang hanya menjalankan aplikasi bawaan ponsel, Pixel 3a dan Pixel 3a XL tetap mengalami random shutdown.

Ada juga sebagian pengguna yang menduga biang keladi masalah berkaitan dengan modul Wi-Fi ponsel lantaran Pixel 3a dan Pixel 3a XL rentan shutdown ketika tersambung ke WLAN.

Akan tetapi penyebab pastinya hingga sekarang belum jelas. Google pun belum mengeluarkan pernyataan resmi soal ini.

Apabila bersumber dari bug software, masalah mati mendadak mungkin bisa diselesaikan dengan menyalurkan update firmware ke Pixel 3a dan Pixel 3a XL.

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/22/19260047/pixel-3a-dan-3a-xl-dilaporkan-sering-mati-mendadak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke