Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cari Pengganti Google Play Store, Huawei Lirik Aptoide

Huawei pun harus mencari alternatif untuk menggantikan Google Play Store. Belakangan muncul kabar bahwa pabrikan China tersebut tengah mengincar layanan toko aplikasi pihak ketiga bernama Aptoide.

Pada dasarnya, Aptoide serupa dengan Google Play Store yang menjadi tempat untuk mengunduh beragam aplikasi pada ponsel Android. Aptoide adalah sebuah layanan toko aplikasi yang dapat digunakan sebagai alternatif dari Google Play Store.

Kelebihannya, pengguna dapat mengunduh beberapa aplikasi berbayar yang ada di Google Play Store secara gratis di Aptoide. Hal inilah yang membuat Aptoide bisa mendulang banyak pengguna.

Meski berencana untuk merangkul Aptoide, Huawei juga sebenarnya sudah memiliki toko aplikasi yang dikembangkan oleh mereka sendiri, AppGallery.

AppGallery berisikan beragam aplikasi yang telah tersedia di sebagian besar perangkat smartphone milik Huawei. Jumlah aplikasi yang tersedia di AppGallery lebih sedikit ketimbang Aptoide.

Kendati demikian, belum diketahui apakah Huawei nantinya akan menggabungkan AppGallery dengan Aptoide, atau justru malah menggantikannya. Huawei pun masih belum memberi komentar lebih lanjut terkait hal tersebut.

Sebagaimana diketahui, Huawei saat ini tengah terjebak dalam perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Huawei beserta 70 perusahaan lain dimasukkan ke dalam daftar hitam bernama "entity list".

Perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut dilarang keras membeli komponen hardware maupun software dari perusahaan asal AS tanpa seizin pemerintah AS. Alhasil, Huawei pun terancam kehilangan lisensi Android dari Google.

https://tekno.kompas.com/read/2019/05/23/15470007/cari-pengganti-google-play-store-huawei-lirik-aptoide

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke